Kesempatan Dosen Jadi Asesor

by

SEMARANG -Pemberian peringkat akreditasi A terhadap program studi (prodi/jurusan) milik perguruan tinggi akan berdampak penguatan kualitas akademik. Akreditasi dengan katagori sangat memuaskan jadi jaminan mutu pendidikan.

Selebihnya, dosen yang prodinya terakreditasi Abahkan boleh dilibatkan menjadi tim penilai (asesor). ‘’Yang jelas akreditasi Amenunjukkan mutu Tri Dharma, pada prodi yang bersangkutan. Artinya, perkuliahan, riset, dan pengabdian masyarakat yang dilakukan prodi itu berlangsung maksimal,’’urai Rektor Universitas Wahid Hasyim (Unwahas) Mudzakir Ali, disela-sela penyerahan SK Akreditasi Auntuk Prodi Magister Pendidikan Agama Islam (MPAI) di kampus kompleks Menoreh,baru-baru ini.

Dia menyerahkan SK akreditasi kepada Dekan Fakultas Agama Islam (FAI), Nur Cholid, disaksikan Kepala Humas M Nuh, dosen dan mahasiswa. Akreditasi diterbitkan oleh Badan Akreditasi Nasional PT (BAN-PT).

Memberikan Penilaian

Mendapatkan nilai akreditasi A, para dosen prodi ini, pada akhirnya berpeluang menjadi tim asesor. Mereka bisa dilibatkan BAN PTuntuk memberikan penilaian pada kampus lain, yang sedang mengurus akreditasi.

Akreditasi PTberlaku untuk jangka waktu lima tahun sekali untuk penilaian pada prodi. Selain itu juga untuk institusi yang bisa berbentuk universitas, sekolah tinggi, institut, atau akademi. Dekan Cholid menjelaskan seiring turunnya akreditasi A,untuk MPAI, diinginkan izin prodi doktor di kampus ini segera turun.Akreditasi itu, semacam jaminan kualitas penyelenggaraan perkuliahan di fakultas ini. ‘’Kami sudah mengajukan izin untuk program doktor dengan konsentrasi Studi Islam Nusantara. Semoga dengan turunnya akreditasi A Prodi MPAI maka izin prodi doktor juga segera turun,’’tuturnya. (H41-91)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *