Kerusakan Akibat Puting Beliung Bertambah

by
EVAKUASI POHON: Petugas kemarin mengevakuasi pohon beringin di Alun-alun Purbalingga yang ambruk lusa.(kecirit.com/Ryan Rachman)

EVAKUASI POHON: Petugas kemarin mengevakuasi pohon beringin di Alun-alun Purbalingga yang ambruk lusa.(kecirit.com/Ryan Rachman)

PURBALINGGA, kecirit.com – Kerusakan akibat angin puting beliung yang melanda Purbalingga, Selasa (25/10) siang bertambah. Sedangkan korban jiwa dilaporkan nihil, hanya tiga orang yang terluka.

Sebelumnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Purbalingga, Selasa (25/10) sore baru mendapat data  rumah mengalami rusak ringan hingga rusak berat hanya empat unit. Namun sehari setelahnya, dipastikan menjadi enam unit ditambah robohnya tembok keliling Rutan Purbalingga dan Kantor PDAM Purbalingga serta menara Radio Ardi Lawet dan
Radio Suara Perwira.

Adapun korban luka yaitu Mingah (65) seorang penjual buah warga Desa Galuh, Kecamatan Bojongsari. Korban mengalami luka memar di tangan akibat terkena batang pohon yang roboh dan dilarikan ke RSUD Dr Goetheng Tarunadibrata untuk dirawat. Sementara itu, dua buruh PT Shophian Indonesia dilarikan ke Rumah Sakit Siaga Medika Purbalingga karena mengalami luka akibat tertimpa material.

Korban Musyarifah (27) warga Desa Galuh, Kecamatan Bojongsari mengalami luka robek di kepala dan bengkak akibat tertimpa besi dan Eli Wahyuni (36) warga Sokaraja Kidul, Kecamatan Sokaraja, Kabupaten Banyumas mengalami luka bagian pinggul karena tertimpa bata. Rumah rusak berat milik Thili warga Desa Babakan, Kecamatan Padamara. Atapnya ambrol setelah tertimpa pohon. Rumah milik Ahmad Mudasir dan Sartinah warga Kelurahan Kembaran Kulon, Kecamatan Purbalingga juga rusak parah, di mana segi tiga panglari ambrol. Tak terkecuali rumah milik Abdul Wakib dan Sukirno warga Kelurahan Kandanggampang, Kecamatan Purbalingga.

Sedangkan rumah rusak ringan milik Tohirin, Rasid dan Wela warga Desa Penaruban, Kecamatan Kaligondang. Kantor Kelurahan Karangsentul, Kecamatan Purbalingga juga mengalami kerusakan ringan.

Kepala BPBD Purbalingga, Priyo Satmoko, Rabu (26/10) mengatakan, evakuasi lanjutan masih dilakukan, terutama pada batang pohon beringin alun-alun yang tumbang. Di samping itu, juga beberapa pohon peneduh di Jalan Komisaris Noto
Sumarsono, Jalan MT harywono, Jalan Lingkar Selatan Stadion, dan Jalan Letnan Sudani (lingkar barat).

“Khusus untuk evakuasi pohon beringin di alun-alun diperkirakan memakan waktu enam hari. Sedangkan bantuan terhadap korban rumah rusak berupa konsumsi mulai disalurkan hari ini (kemarin),” tambahnya.
(Ryan Rachman/CN40/SM Network)