Kepatuhan Pembayaran PBB Capai 80 Persen

by
Ilustrasi Istimewa

Ilustrasi Istimewa

SLEMAN, kecirit.com – Tingkat kepatuhan masyarakat Sleman dalam membayar pajak bumi dan bangunan (PBB) relatif baik.

Hingga awal triwulan empat tahun ini, kepatuhan wajib pajak mencapai 80 persen dari total Surat Pemberitahuan Pajak Terutang (SPPT) sejumlah 608.000. Adapun realisasi uang yang masuk tercatat senilai Rp 56,3 miliar dari angka ketetapan PBB tahun 2016 sebesar Rp 74 miliar.

“Petugas terus berusaha melakukan penagihan secara door to door. Kami juga bekerjasama dengan dukuh untuk mengingatkan warga agar taat membayar PBB,” kata Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Dipenda) Sleman Hardo Kiswoyo, Jumat (21/10).

Meski sudah berupaya maksimal, kata Hardo, masih banyak kendala yang dihadapi petugas di lapangan. Seperti perubahan SPPT dan nama pemilik, subjek pajak tidak berada di tempat atau memiliki alamat di luar daerah, serta kesalahan cetak.

Tidak sedikit pula objek yang berupa lahan kosong sehingga sulit dilakukan penagihan kepada pemilik. Sementara, pihak dukuh tidak mengetahui secara persis pemilik lahan tersebut.

“Masih banyak data yang perlu diperbaiki. Kami sudah berupaya melakukan koordinasi dengan instansi terkait termasuk BPN (Badan Pertanahan Nasional-red),” ujarnya.
PBB merupakan salah satu dari 10 sumber pajak daerah. Pajak ini mulai ditangani pemerintah daerah setelah ada pelimpahan kewenangan dari kantor pajak pada tahun 2013.

Kepala Bidang Penagihan dan Pendapatan Daerah Lain Dipenda Sleman Wahyu Wibowo mengatakan, hingga kini belum ada kecamatan yang lunas pembayaran PBB. Namun di tingkat desa sudah ada beberapa yang lunas dari keseluruhan 86 desa.

Dicontohkan di Kecamatan Cangkringan dan Seyegan terdapat dua desa yang melunasi PBB tahun 2016. Sedangkan di Kecamatan Prambanan ada dua desa. Namun demikian, pihaknya mengapresiasi masyarakat yang telah patuh dan memenuhi kewajiban membayar PBB.

Sementara bagi masyarakat yang belum membayar diminta agar segera melunasi sebelum akhir tahun.

(Amelia Hapsari/CN19/RED_KECIRIT NEWS UPDATE)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *