Kenaikan Harga Rokok Tak Sampai Rp 55 Ribu per Bungkus

0
42
Foto: Istimewa

Foto: Istimewa

JAKARTA, kecirit.com – Pemerintah memutuskan akan menaikan tarif cukai untuk rokok dengan rata-rata tertimbang sebesar 10,54%. Selain itu, kenaikan harga jual eceran (HJE) diputuskan dengan rata-rata sebesar 12,26%. Artinya, harga rokok tidak naik menjadi Rp 50.000 per bungkus.

Menteri Keuangan Sri Mulyani menyatakan keputusan menaikkan tarif cukai rokok mempertimbangkan banyak hal. Besaran kenaikan sebesar itu dinilai sudah maksimal.

“Tahun lalu rata-rata tertimbang 11,33%, tahun ini 10,54%, turun sedikit dibandingkan tahun lalu. Tapi kenaikan dua tahun terakhir telah dianggap paling maksimal dilihat terhadap aspek penerimaan negara dan produksi,” jelasnya di Jakarta, Jumat (30/9).

Menkeu mengakui, kalau dilihat dari aspek kesehatan memang kenaikan tarif cukai bisa dikatakan kecil. Namun dalam penetapan tarif, harus melihat banyak aspek.

“Kalau cuma dilihat dari satu aspek kesehatan misalnya naiknya lebih kecil, tapi kalau dari yang lainnya kan harus dilihat dan dipertimbangkan. Misalnya untuk penindakan rokok ilegal. Ini juga menjadi perhatian kami,” ungkapnya.

(Kartika Runiasari/ CN33/ SM Network)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here