Kemenhub Dorong Swasta Kelola Pelabuhan

by
Foto: istimewa

Foto: istimewa

JAKARTA, kecirit.com – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mendorong pihak swasta untuk membangun dan mengelola pelabuhan. “Pelaksanaan kegiatan jasa kepelabuhanan sudah saatnya tidak hanya dikuasai oleh satu operator pelabuhan atau Badan Usaha Pelabuhan (BUP) untuk menghindari praktik monopoli,” kata Menhub Budi Karya Sumadi di Jakarta, Kamis (27/10) pagi.

Usai Penandatangan Perjanjian Konsesi antara Ditjen Perhubungan Laut yang diwakili Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Talang Duku Jambi, Ridwan dan Dirut PT Wahyu Samudera Indah (WSI) Daniel Wihardjo, Menhub mengatakan, konsesi tekait dengan penguasaan jasa kepelabuhan pada Terminal Petikemas Muaro Jambi Pelabuhan Talang Duku Jambi. Konsesi ini merupakan konsekwensi berlakunya UU 17 Tahun 2008 tentang Pelayaran dan pelaksanaannya.

Menhub juga berharap, selain WSI akan ada BUP-BUP swasta lainnya yang segera menyusul untuk berinvestasi di bidang kepelabuhanan. “Peran swasta sangat dibutuhkan untuk meningkatkan pengelolaan pelabuhan,” ujar Menhub.

Sementara Dirjen Perhubungan Tonny A Budiono mengatakan, pembangunan terminal Petikemas ini merupakan pembangunan infrastruktur pelabuhan pertama yang dibangun dengan dana swasta murni. “Nantinya selain menangani petikemas juga dapat dikembangkan untuk terminal curah cair dan curah kering bahkan barang umum lainnya (general cargo),” kata Tonny.

Pelabuhan Talang Duku, menurut Direktur Kepelabuhanan Ditjen Perhubungan Laut Mauritz Sibarani, seluas 16 hektar pembangunannya akan dilaksanakan WSI.? “Konsesi diberikan selama 66 tahun dengan pendapatan konsesi lima persen per tahun dari pendapatan kotor atas kegiatan pengusahaan jasa kepelabuhanan di area konsesi, nantinya objek konsesi akan diserahkan kembali ke pemerintah,” urai Mauritz.

PT WSI pada tahap awal menginvestasikan Rp 702,2 miliar, nantinya akan membangun terminal petikemas, mengelola operasionalnya, selama masa konsesi.

(Budi Nugraha/CN19/RED_KECIRIT NEWS UPDATE)

loading...