Kebutuhan Darah Kini Terus Meningkat Tiap Bulannya

by
PRASASTI: Sekda Batang Nasikhin yang juga Dewan Kehormatan PMI Batang menandatangani prasasti peresmian gedung baru UTD PMI disaksikan Ketua PMI Batang Achmad Taufiq (paling kiri) dan jajaran pengurus PMI.(kecirit.com/Trisno Suhito)

PRASASTI: Sekda Batang Nasikhin yang juga Dewan Kehormatan PMI Batang menandatangani prasasti peresmian gedung baru UTD PMI disaksikan Ketua PMI Batang Achmad Taufiq (paling kiri) dan jajaran pengurus PMI.(kecirit.com/Trisno Suhito)

BATANG, kecirit.com – PMI Batang kini memiliki gedung baru Unit Transfusi Darah (UTD). Gedung berlantai dua tersebut diresmikan Sekretaris Daerah Kabupaten Batang Nasikhin selaku Dewan Kehormatan PMI Batang, Rabu (26/10).

Dalam kesempatan tersebut, Nasikhin juga melakukan peletakan batu pertama kelanjutan pembangunan gedung PMI Batang, disaksikan pengurus dan relawan PMI, serta pendonor darah sukarela aktif. Ketua PMI Batang Achmad Taufiq menjelaskan, gedung baru UTD ini semula akan digunakan sebagai gudang logistik. Namun karena ada aturan Kementrian Kesehatan yang meminta PMI menyediakan UTD untuk penyediaan darah dengan aman, berkualitas, sehingga bangunan semula untuk logistik tersebut, digunakan sebagai gedung untuk UTD.”Gedung ini dibangun dua lantai. Menghabiskan dana sekitar Rp 695 juta,  di mana 75 persen berasal dari hibah Pemkab Batang dan selebihnya dari kas PMI,” tuturnya

Taufiq mengungkapkan, keberadaan gedung UTD ini akan sangat strategis untuk pemenuhan kebutuhan akan darah di Kabupaten Batang. Apalagi kebutuhan akan darah sekarang ini terus meningkat setiap bulannya. Dalam kegiatan ini juga dilakukan pemberian apresiasi pada pendonor darah yang telah mendonorkan darahnya melalui PMI.

“Di PMI Batang, tercatat ada dua orang yang telah 100 kali mendonorkan darahnya, 75 orang yang mendonorkan darah sampai 50 kali dan 35 orang yang telah mendonorkan darah sampai 25 kali,” tuturnya.

Sekda Batang Nasikhin yang juga Dewan Kehormatan PMI Batang menyambut baik berdirinya gedung UTD yang baru. Pasalnya, keberadaan gedung ini akan sangat berperan mendukung program-program PMI dalam bidang kemanusian. Dirinya berharap, gedung UTD baru tersebut akan semakin memberi manfaat pada masyarakat.

“Kalau ada orang kekurangan darah, mau mencari kemana kalau bukan ke PMI. Kami atas nama pemerintah juga sangat berterimakasih pada pendonor darah yang telah rela mendonorkan darahnya bagi sesama. Pendonor darah juga memiliki tingkat kebahagiaan yang hakiki karena mampu memberi manfaat bagi sesama,” tuturnya.
(Trisno Suhito/CN40/SM Network)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *