Ke Piala AFF, Riedl Siapkan Empat Kiper

by
Foto: kecirit.com / Dananjoyo Kusumo

Foto: kecirit.com / Dananjoyo Kusumoga

SLEMAN, kecirit.com – Empat penjaga gawang dari enam yang didaftarkan PSSI ke ASEAN Football Federation (AFF) akan dibawa pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia Alfred Riedl ke Piala AFF di Filipina dan Myanmar, 19 November sampai 18 Desember mendatang.

“Tahap awal nanti empat kiper akan kami bawa terlebih dahulu untuk uji coba ke Myanmar dan Vietnam di awal November,” tutur Riedl usai memimpin pasukannya berlatih di Maguwoharjo International Stadium (MIS) Sleman, Senin (24/10).

Keputusan yang diambil sang juru taktik beralasan. Sebab, pria berpaspor Austria itu memandang dua penjaga gawang langganan timnas seperti Kurnia Meiga dan Andritany Ardhiyasa saat ini masih dalam kondisi yang belum fit 100 persen. Riedl pun berharap pada pemusatan latihan selanjutnya usai dari training center hampir sepekan di Jogja ini, Andritany sudah dapat bergabung dengan tim.

Selain kiper Persija Jakarta yang masih terbelit cidera hamstring tersebut, Kurnia Meiga disebut Riedl juga belum dapat dipastikan bisa merumput di bawah mistar. Dari hasil latihan fisik lalu,  dia menyebut kebugaran kiper Arema Cronous itu masih rendah. “Meiga fisik masih low, karena lama tidak latihan. Masih kami pantau dan kami harap bisa kembali ke performa terbaik,” paparnya.

Selama TC di Jogja, Riedl membawa tiga penjaga gawang. Selain Meiga, ada Jandia Eka Putra (Semen Padang) dan Dian Agus Prasetyo (Pusamania). Selain keempat nama tersebut, dalam rilis 40 pemain yang didaftarkan ke AFF ada pula nama Teja Paku Alam (Sriwijaya FC) dan I Made Wirawan (Persib Bandung).

Di luar itu, Riedl pun menyebut kalau tim pelatih telah memiliki gambaran kerangka pemain yang akan turun di Piala AFF. Sementara dua sampai tiga pos lainnya dia masih belum bisa menentukan.

“Memang sudah ada gambaran, tapi dua sampai tiga posisi masih tanda tanya. Masih ada tiga pekan berharap tidak ada yang cedera kalau disiplin pemain masih bagus,” katanya didampingi asisten pelatih Wolfgang Pikal. imbuhnya.

Hari ini, tim sudah banyak berlatih simulasi pertandingan dan latihan tacktikal advice. Penerapan strategi permainan sudah banyak dilakukan terutama di masa akhir TC sebelum kembali ke Jakarta. Selasa (25/10) pagi skuat Garuda pun menjalani latihan terakhirnya di Jogja.

(Gading Persada / CN26)