Kasus Ahok Percayakan ke Polri, Jangan Primitif Berdemokrasi

by
Foto: Istimewa

Foto: Istimewa

JAKARTA, kecirit.com – Ketua Umum PP GP Ansor, Yaqut Cholil Qoumas (Gus Tatut), meminta semua pihak mempercayakan kepada Polri untuk menangani kasus dugaan penistaan agama oleh Gubernur DKI Basuki Tjahaya Purnama (Ahok).”Ya, kalau memang dia dituduh melakukan penistaan agama, saluran yang tepat untuk membuktikan benar tidaknya, tidak ada lain ya hukum,” ujar Gus Tatut dihubungi di Jakarta, Senin (24/10).

Dengan demikian, dia berharap semua pihak supaya cooling down. Mempercayakan pada proses hukum.”Tidak perlu dibesar-besarkan menjadi isu SARA. Itu cara primitif dalam sistem demokrasi yang modern,” tuturnya.

Sebaiknya dia berharap semua kandidat, tim sukses dan pendukung cagub, beradu program saja.”Publik yang tidak suka dengan Ahok, cukup “menghukumnya” dengan tidak memilih Ahok di pilgub. Sesederhana itu,” tegas dia.

Dia meminta kepada semua pihak supaya menghentikan kisruh kasus dugaan penistaan agama diduga dilskukan oleh Ahok.”Kami meminta semua pihak, baik yang terlibat secara langsung maupun tidak langsung dengan Pilgub Jakarta untuk segera menghentikan perdebatan dan kampanye yang mengandung unsur SARA,” kata Gus Tatut.

Menurut dia, kesucian agama tidak patut dan tidak selayaknya digunakan untuk tujuan perebutan kekuasaan semata. Apalagi, menggunakan SARA (suku, ras, agama dan antargolongan) untuk tujuan politik adalah cara-cara primitif dalam demokrasi.

“Kami melihat bahwa segelintir oknum di sosial media sudah melampaui etika dan kepatutan dengan melecehkan secara personal tokoh-tokoh tertentu yang terkait Pilgub DKI,” ujarnya.

Ia mengatakan masyarakat Jakarta harus bersyukur dengan hadirnya tiga pasangan calon yang berkualitas sehingga siapa pun yang terpilih, rakyat Jakarta akan mendapatkan manfaatnya karena sudah memilih yang terbaik di antara yang terbaik.”Kami ingatkan juga pada para pasangan calon, tim suksesnya, dan pendukungnya untuk berkampanye secara kreatif dan cerdas serta mengangkat tema-tema positif bagi kemajuan dan kesejahteraan bagi rakyat Jakarta,” kata dia.

Di samping itu, Gus Tatut meyakini kompetisi antar kandidat Pilgub Jakarta yang mengedepankan ide dan gagasan merupakan pendidikan politik yang bagus bagi masyarakat Jakarta.”Kami bermunajat kepada Allah SWT agar senantiasa memberikan petunjuk dan melindungi bangsa Indonesia dari ancaman perpecahan, kekacauan sosial dan hilangnya akhlakul karimah. Semoga Allah SWT melindungi kita semua,” pungkas dia.
(A Adib/CN40/SM Network)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *