Kasek Diperintahkan Telusuri KIP ke Desa

by
Foto: Indopos

Foto: Indopos

KLATEN, kecirit.com – Dinas Pendidikan Pemkab Klaten memerintahkan semua kepala sekolah SD sampai SMA untuk menelusuri kartu program Program Indonesia Pintar (PIP). Penelusuran itu dilakukan sebab Dinas ditarget menyelesaikan laporan akhir bulan ini.

”Semua kasek sudah saya perintahkan mencari tahu dan berkoordinasi dengan pemerintah desa,” kata Kepala Dinas Pendidikan Pemkab Klaten, Pantoro, Kamis (27/10).

Menurutnya, Dinas mendapatkan surat dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang isinya memerintahkan agar Dinas sampai kepala sekolah melakukan pemantauan terhadap Kartu Indonesia Pintar (KIP) yang kemungkinan masih tercecer di desa maupun kecamatan. Termasuk melaporkan yang sudah tersalur dan yang dikembalikan ke pemerintah pusat.

Selain itu, pemerintah pusat juga memerintahkan agar membantu anak penerima kartu untuk melaporkan ke satuan pendidikan tempat penerima mengikuti pendidikan serta mencatatkan KIP itu pada aplikasi Data Pokok Pendidikan (Dapodik) pusat. Pencatatan data ke Dapodik di satuan pendidikan diminta sudah selesai akhir bulan ini. Surat Mendikbud nomor 9 tahun 2016 itu sudah disosialisasikan sejak dua pekan lalu.

Laporan Polsek

Penyebabnya, lanjut Pantoro, pelaporan tidak ke Dinas tetapi langsung ke Dapodik dan pemerintah pusat secara on line. Namun demikian, sampai pekan ketiga bulan Oktober belum ada aduan warga penerima ke Dinas soal dana bantuannya. Selama ini, data usulan dan penerima PIP bukan berasal dari pendataan Dinas sehingga tidak mudah dipantau.

(Achmad Hussain/CN19/RED_KECIRIT NEWS UPDATE)

loading...