Karyawan Bina Marga Bersihkan Jembatan

by

BREBES – Gerakan jembatan bersih program Gubernur Ganjar Pranowo, kemarin diluncurkan Kepala Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Tengah Bambang NK, dengan melakukan bersih-bersih Jembatan Suruban di Desa Cikedog, Kecamatan Kersana, Brebes.

Sekitar 150 pekerja yang terdiri atas karyawan Balai Pelaksana Teknis (BPT) Bina Marga Wilayah Tegal, bersama warga Cigedog Kecamatan Kersana, Brebes turun langsung bekerja bakti membersihkan jembatan. Ikut terlibat di dalamnya, karyawan Kantor Lingkungan Hidup (LH) Kabupaten Brebes dan Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPU Taru) Kabupaten Brebes.Aksi membersihkan jembatan itu dengan mengerahkan satu unit ekskavator dan lima dump truck untuk mengangkut sampah.

Lokasi sebelah barat jembatan Suruban, sekitar 700 meter arah ibu kota kecamatan Kersana, selama ini menjadi tempat pembuangan sampah sementara. Namun, karena sampah yang menumpuh tak pernah diangkut, menimbulkan bau tidak sedap dan kumuh. Dengan gerakan kebersihan ini, terlihat pemandangan makin asri dan sehat.

Kepala Dinas Bina Marga (BM) Provinsi Jawa Tengah (Jateng) Bambang NK mengemukakan, gerakan jembatan bersih serentak dilakukan di seluruh jembatan provinsi.

Selain membersihkan badan jembatan dengan pengecatan, juga drainase, jalan serta pemantauan kebersihan di sekitar area jalan provinsi di kabupaten/kota se-Jateng. ’’Gerakan ini nanti menyeluruh di semua BPT Bina Marga se-Jateng. Tujuannya untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat,’’tuturnya.

Rencana Pelebaran

Mengingat betapa penting kebersihan, dia meminta seluruh kepala BPTuntuk menjaga semua bangunan yang dibangun oleh Pemerintah Provinsi. Apalagi pelebaran Jembatan Suruban sudah lama direncanakan untuk pelebaran guna mengantisipasi warga agar tidak membuang sampah sembarangan.

Dia mengatakan, kebersihan lingkungan merupakan tanggung jawab bersama. Karena itu, dia meminta kepada Pemkab Brebes untuk membantu menjaga kebersihan. Terutama masyarakat, agar diajak menjaga dan merawat lingkungan sehingga selalu bersih.

Sementara itu, Kepala BPT Wilayah Tegal Tri Haryono mengemukakan, Jembatan Surupan merupakan satu dari tiga jembatan yang akan dibersihkan. Menurutnya, selain itu, juga Jembatan Ciapit dan Cibening di ruas Ketanggungan-Bantarsari.

Gerakan bersih jembatan itu terutama membersihkan sampah yang menghambat aliran sungai. Selain itu, sekitar jembatan harus bersih dari sampah, atau rumput. ’’Kami setiap saat membersihkan rumput di sekitar jembatan. Termasuk mengecat tiang jembatan dan badang jembatan,’’paparnya. (wh-57)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *