Kamu nggak akan nemuin gerai McDonalds di 7 negara ini

by

Makanan siap saji atau fastfood memang memiliki jumlah kalori yang sangat besar per sajiannya. Kandungan tinggi lemak jenuh juga menjadi faktor utama makanan tersebut menjadi makanan tidak sehat. Seringkali kita dengar, bahwa fastfood sendiri lebih identik dengan junk food atau makanan dengan sedikit sekali unsur kesehatannya.

Meski begitu, banyak juga gerai fastfood yang tersedia di berbagai negara, dengan varian ayam, burger, sandwich, dan makanan olahan lainnya. Dikombinasikan dengan minuman bersoda, french fries dan burger membuat daya tarik sebagian orang untuk melahap makanan ini secara instan.

Salah satunya adalah McDonald’s dengan gerai sekitar 39.000 outlet yang terbagi di 119 negara, membuat eksistensinya sangat tinggi di kalangan fastfood dunia. McDonald’s sangat sering mendapat predikat pengolahan makanan terburuk dalam video yang tersebar di YouTube.

Dikutip dari cheatsheet, Kamis (1/3) beberapa negara ternyata ada yang melarang restoran fastfood ini beroperasi. Wah, bagaimana bisa ya? Simak selengkapnya sebagai berikut.

1. Islandia.

Sebelumnya, ada 3 gerai McDonald’s sebelum krisis moneter tahun 2009 di negara ini. Tetapi, karena menjadi salah satu negara sehat di dunia, Islandia menolak dibuka kembali McDonald’s di wilayahnya, mereka lebih memilih untuk menghidupkan budidaya bahan makana dalam negaranya daripada harus mengizinkan McD beroperasi kembali.


2. Yaman.

Faktor ekonomi yang tidak stabil, menjadi faktor tidak dibangunnya McD di wilayah ini. Selain wilayah rawan teroris, yang membuat perusahaan fastfood ini berpikir dua kali jika restorannya berpotensi diserang teroris.


3. Kepulauan Bermuda.

Tahun 1996 McDonald’s dibuka di wilayah ini, tetapi masyarakat Bermuda menyerang restoran tersebut. Mereka menolak adanya restoran fastfood waralaba yang ada di daerahnya. Mereka tidak setuju dan tidak memperbolehkan restoran fastfood jenis apapun dibuka di sana.


4. Korea Utara.

Kamu sudah pasti tahu tentang Kim Jong-un. Dia melarang McD berdiri di negaranya karena McDonald’s berasal dari Amerika Serikat. Uniknya, Kim Jong-un adalah salah satu penikmat Big Mac yang kabarnya sering dikirim melalui China.


5. Bolivia.

Salah satu Presiden Peru menyatakan, masyarakat Bolivia tidak begitu menyukai makanan cepat saji. Hingga akhirnya pada 2014 McDonald’s yang berada di wilayah itu bangkrut dan tutup permanen karena kurangnya penjualan mereka.


6. Makedonia.

Sempat mengalami pro dan kontra pada tahun 2013, pengusaha makanan di Makedonia terlibat perseteruan dengan manajemen McDonald’s. Akibat perkelahian itu, omset McDonald’s ambruk dan akhirnya memutuskan untuk tutup selamanya.

7. Ghana.

Bersaing dengan KFC, ternyata McDonald’s di wilayah Ghana pun tidak laku karena UMR pekerja mereka bukan target dari pasar pangan McDonald’s. Terlalu kompetitif, pendapatan McDonald’s di wilayah Ghana ini juga bangkrut dan tutup.