Kali Buntung Meluap, Taman Cerdas Gandekan Tergenang

by
TERGENANG: Warga berjalan menembus genangan air di depan Taman Cerdas Gandekan di Kelurahan Gandekan, Kecamatan Jebres, Rabu (28/9). (kecirit.com/Yusuf Gunawan)

TERGENANG: Warga berjalan menembus genangan air di depan Taman Cerdas Gandekan di Kelurahan Gandekan, Kecamatan Jebres, Rabu (28/9). (kecirit.com/Yusuf Gunawan)

SOLO, kecirit.com – Taman Cerdas Gandekan di Kelurahan Gandekan, Kecamatan Jebres tergenang air akibat luapan Kali Buntung, yang berada persis di belakang taman bermain dan belajar itu. Jalan kampung di sekitar taman juga digenangi air setinggi 25-an cm. Luapan terjadi, setelah hujan mengguyur Solo sejak Selasa (27/9) malam hingga Rabu (28/9) pagi.

Ani Susanti, pengelola Taman Cerdas Gandekan menuturkan, air masuk ke halaman taman sekitar pukul 08.00. “Semalam waktu hujan malah aman. Justru tadi pagi, hujan sudah berhenti, tapi air masuk karena sungai meluap,” katanya, Rabu (28/9).

Meski air tidak sampai masuk ke ruang IT dan perpustakaan, namun pengelola sudah mengevakuasi seluruh barang elektronik dan buku-buku ke tempat yang aman, agar tidak terkena air.

Taman Cerdas Gandekan, menurutnya, langganan terkena banjir. Selain letaknya tidak jauh dari Kali Pepe, serta Kali Buntung yang persis berada di belakang bangunan, kondisi tanah tempat berdirinya taman juga berada di daerah cekungan. “Jadi kalau banjir, taman ini pasti kena. Sudah langganan kebanjiran,” jelasnya, sembari mengatakan operasional taman tersebut sementara diliburkan, sampai situasi kembali kondusif.

Sartoto, warga setempat mengatakan, ada beberapa rumah yang terkena dampak luapan Kali Buntung. “Sekitar 14 rumah yang kena luapan air. Kalau jalan kampung ketinggianya 25 sampai 30-an cm, 14 rumah ini kena.” (Irfan Salafudin/CN38/SM Network)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *