Jantung Dan Ginjal Serta Bab Bagiannya

by
Jantung dan bab bagiannya. Jantung itu terdiri atas empat buah bilik rongga. Keempat buah bilik rongga itu kemudian dibagi menjadi dua bab lagi, yaitu bab kanan dan juga bab kiri ke dua bab tersebut dipisahkan oleh adanya dinding otot yang jauh lebih dikenal dengan sebutan septum.dan pada bab yang sebelah kanan dan juga bab yang sebelah kiri itu di bagi lagi menjadi dua buah bilik.

Rongga bilik yang sebelah atas itu disebut dengan istilah atria dan dua buah bilik yang bab bawah itu disebut dengan istilah ventricle. Bagian bab yang terdapat pada jantung itu mempunyai kiprah dan kiprah masing masing dalam memompa darah untuk menuju arteri. Jika dilihat secara etimologis, maka jantung yang terdapat pada tubuh insan itu secara medis disebut dengan istilah cardio / kardio. 

Cardio itu sendiri asalnhya dari bahasa latin yaitu cor. Dimana cor itu sendiri mempunyai arti : sebagai sebuah rongga. Sebagaimana menyerupai bentuk dari jantung itu sendiri yang mempunyai rongga dan berotot yang berfungsi untuk memompa darah melewati pembuluh darah dalam kontraksi yang berirama serta dilakukan secara berulang ulang dan juga secara berkonsistensi. Dalam bahasa kedokteran istilah kardiak itu sendiri mempunyai arti segala sesuatu yang mempunyai hubungan atau yang bekerjasama dengan jantung. Adapun berdasarkan bahasa Yunani, cardia itu sendiri sanggup digunakan atau diartikan untuk istilah jantung.

Ginjal dan bab bagiannya

Setelah pada klarifikasi diatas saya bahas wacana jantung dan bab bagiannya, maka pada klarifikasi yang satu ini akan saya jelaskan wacana ginjal dan bab bagiannya. Ginjal itu terdiri atas tiga buah bab yang paling utama. Bagian bab tersebut yaitu medula, korteks, dan juga pelvis. Ketiga buah bab tersebut mempunyai fungsi yang sangat penting bagi sistem kerja ginjal. Jika ada salah satu saja dari bab ginjal itu dibelah, maka kita akan sanggup melihat jauh lebih dalam lagi wacana bab serpihan dari ginjal itu sendiri. Dibawah ini yaitu klarifikasi wacana bab serpihan yang ada di dalam ginjal:

  1. Ginjal ada di bab perut.
  2. Calyces yaitu sebuah penampung yang berbentuk cangkir yaitu daerah berkumpulnya urin sebelum hingga pada kandung kemih melalui ureter. 
  3. Pelvis yaitu daerah untuk bermuaranya bab tubulus yaitu sebuah penampungan urin yang bersifat sementara dan akan dialirkan untuk menuju ke kandung kemih lewat ureter 
  4. Medula terdiri dari beberapa bab yang berbentuk kerucut. distal
  5. Korteks bab dalamnya terdapat nefron yang berjumlah jutaan dan terdiri dari sebuah tubuh malphigi.
  6. Ureter yaitu sebuah susukan muskuler yang berbentuk silinder dan bertugas untuk menghantarkan urin menuju kandung kemih. 
  7. Vena ginjal yaitu sebuah pembuluh balik yang mempunyai fungsi untuk membawakan darah keluar menuju vena dan kembali lagi ke jantung. 
  8. Arteri ginjal yaitu sebuah pembuluh nadi fungsinya untuk membawakan darah ke ginjal guna disaring dalam glomerulus
loading...