Jangan Panik! Ini 4 Cara Ampuh untuk Buka Handphone yang Terkunci Ketika Lupa Password

by

Jangan Panik! Ini 4 Cara Ampuh untuk Buka Handphone yang Terkunci Ketika Lupa Password

Semua orang yang mempunyai handphone, pasti pernah mengalami yang namanya lupa password. Biasanya yang menghadapi masalah ini adalah orang yang menggunakan sandi dalam bentuk angka, huruf ataupun pola. Terkadang kejadian ini bikin beberapa orang panik karena tidak bisa membuka kunci setelah mencoba berkali-kali. TIPS KESEHARIAN

Banyak orang yang bingung bagaimana caranya untuk mengatasi hal ini. Mulai dari memancing lewat telepon sampai otak-atik berbagai kemungkinan sandi. Namun, semua usahanya sia-sia karena sudah terlanjur lupa dengan –nya. Tapi, jangan sedih dulu Sahabat Boom, ada beberapa cara nih untuk membuka kunci ketika lupa sandi.  BERITA UNIK

1. Pakai fungsi forgot pattern

Ini adalah fungsi untuk sandi yang berupa pola. Namun, sayangnya ini fitur ini hanya bisa digunakan oleh Android Kitkat 4.4. atau lebih rendah. Cara ini cukup ampuh kok Sahabat Boom. Ia akan bekerja ketika kita sudah mencoba pola selama 5 kali. Setelah itu akan muncul tulisan forgot pattern. Nah, di menu forgot pattern akan ada dua pilihan yaitu menjawab pertanyaan keamanan atau masuk menggunakan akun Google.  INFO SPECIAL



Kalau sudah begini, disarankan untuk memilih menggunakan akun Google saja karena lebih mudah. Lalu, masukkan username dan password kemudian klik sign in. Setelah itu Google akan mengirimkan email dengan pola pembuka kunci atau bisa juga jika ingin mengganti sandi. Tapi, sebelum melakukan ini handphone harus terkoneksi dengan internet ya.

2. Menggunakan android device manager

Android device manager merupakan aplikasi yang diciptakan oleh Google. Biasanya, orang-orang menggunakan aplikasi satu ini untuk mendeteksi keberadaan ponselnya yang hilang. Tapi ternyata kelebihannya enggak hanya untuk itu aja Sahabat Boom, ia juga bisa mengatasi lupa password. Namun, untuk menggunakan android device manager, aplikasi harus diinstal terlebih dahulu di handphone. Selain itu GPS juga harus dalam keadaan menyala.



Cara menggunakan android device manager cukup mudah kok. Caranya yaitu buka website android device manager pada komputer. Kemudian, masuklah menggunakan akun Google yang sama dengan di handphone. Jika sudah, langsung pilih menu Lock untuk membuka kunci. Di sana akan ada pilihan untuk mengganti kunci ponsel yang sudah kalian lupakan. Hanya butuh dua kali konfirmasi aja untuk membuat sandi ponsel yang terbaru. Selanjutnya, klik Lock dan tunggu selama 5 menit. Alhasil, handphone kalian bisa terbuka lagi dengan sandi yang baru.

3. Dengan fitur Find My Mobile

Cara lain untuk membuat ponsel terbuka kembali adalah dengan fitur Find My Mobile. Find My Mobile sangat mirip dengan Android Device Manager, dari segi kegunaan maupun fiturnya. Tapi, bedanya aplikasi yang satu ini mempunyai perbedaan yakni karena hanya bisa digunakan untuk ponsel yang bermerek Samsung saja. Lalu, hal yang perlu diingat sebelumnya adalah handphone harus terkoneksi dengan internet.



Selanjutnya, untuk membuka kunci ponsel terbuka adalah dengan mengunjungi situs https://findmymobile.samsung.com/ pada komputer dan kemudian masuk menggunakan akun Google yang digunakan pada handphone. Jika sudah masuk ke dalam tampilan Find My Mobile, akan tertera merek ponsel yang kalian miliki. Kemudian pilih menu Unlock My Screen. Tunggu beberapa saat dan akan muncul notifikasi kalau ponsel kalian sudah tidak terkunci kembali.

4. Bisa juga dengan me-reset android

Untuk cara yang satu ini harus mempertimbangkan banyak hal. Karena harus menghapus semua data yang ada pada ponsel. Oleh karena itu, banyak orang yang tidak menggunakan cara ini kecuali karena terpaksa. Kalau ingin memakai cara yang satu ini, diharap memperhatikan dan jangan sampai terlewat ya.



Pertama-tama, harus matikan handphone terlebih dahulu. Lalu, tekan secara bersamaan tombol volume up, home dan power. Tujuan menekan ketiga tombol tersebut bersamaan untuk masuk ke Android System Recovery. Kemudian, ketika sudah masuk ke tampilan gerakkan kursor dengan tombol volume ke menu Wipe Data/factory reset. Untuk memilih menu tersebut gunakan tombol home. Jika sudah, pilih yes dan tunggu sistem android melakukan penghapusan data. Selanjutnya, pilih Reboot system now agar ponsel menyala dan tidak terkunci kembali.

Itulah 4 cara membuka kunci ponsel ketika lupa kata sandi yang bisa digunakan sejauh ini. Namun, beberapa cara di atas pasti ada hal yang berbeda dari penjelasan karena ini tergantung pada merek dan kondisi ponselnya. Jadi, para pengguna harus mencocokkan sendiri menu-menu yang sama tapi namanya berbeda. Kemudian, ada satu hal yang perlu diingat yaitu jangan sampai kita ceroboh untuk melupakan sandi ponsel sendiri.

loading...