Jangan Disepelekan! 4 Hal Ini Sangat Haram Dilakukan Pada Saat Mengisi Bahan Bakar

by
Jangan Disepelekan! 4 Hal Ini Sangat Haram Dilakukan Pada Saat Mengisi Bahan Bakar

Mengisi Bahan Bakar Minyak atau BBM merupakan hal yang sering dilakukan oleh pengemudi kendaran. Tapi, terkadang walaupun orang-orang sudah sering melakukan pengisian BBM, mereka jarang sekali menaati peraturan yang ada. Seperti yang kita tau kalau pom bensin pasti mengeluarkan beberapa aturan untuk keselamatan para pengguna kendaraan. Namun, hal itu bisa dikatakan tidak pernah untuk diterapkan oleh semua orang yang mengisi BBM di pom bensin tersebut..  BERITA UNIK

Kenapa tidak pernah ditaati? Ya karena banyak orang yang menganggap aturan tersebut hanyalah masalah sepele. Padahal nih, kalau mereka melanggar satu aturan dan dampak buruknya benar-benar terjadi, baru deh orang-orang akan menaatinya. Contohnya seperti aturan-aturan di bawah ini nih.  INFO SPECIAL

1. Mesin tidak dimatikan saat mengisi BBM.. TIPS KESEHARIAN

http://danaqq.net/?ref=Ciaciaa



Sudah tidak asing lagi kalau pom bensin mengeluarkan aturan untuk mematikan mesin kendaraan pada waktu mengisi bahan bakar. Peraturan tersebut dibuat bukan karena tanpa sebab lho Sahabat Boom. Hal ini dikarenakan ketika mesin kendaraan menyala, banyak aliran listrik yang mengalir. Sehingga kalau mesin dalam keadaan menyala, bisa-bisa motor meledak lho. Jadi, jangan pernah coba-coba untuk menyalakan mesin pada saat mengisi BBM. Buru-buru sih boleh, tapi perhatikan keamanan juga ya.

2. Merokok di area pom bensin

http://danaqq.net/?ref=Ciaciaa



Beberapa orang terkadang malas untuk mematikan rokoknya pada saat memasuki area pom bensin. Sebab mereka menganggap tidak akan terjadi apa-apa kalau merokok di sana karena hanya mengisi BBM sebentar aja. Padahal, kebakaran yang ditimbulkan oleh rokok tidak tergantung seberapa lama di sana. Tapi bisa terjadi kapan saja karena rokok dapat menyulut api di sekitar area pom bensin. Kalau sudah terjadi kebakaran, ya kalian juga kan yang rugi.

3. Menggunakan ponsel di sekitar SPBU

http://danaqq.net/?ref=Ciaciaa



Untuk aturan yang satu ini cukup banyak juga yang melanggar. Peraturan tersebut adalah menggunakan ponsel pada saat berada di pom bensin. Dari aturan tersebut, banyak sekali yang enggak paham tentang hal ini. Ternyata penyebabnya adalah suhu panas yang dihasilkan oleh ponsel dapat memicu timbulnya api. Selain itu, dikhawatirkan orang-orang yang menggunakan handphone tidak fokus jika ada bahaya di sekitarnya.

4. Mengisi bahan bakar terlalu penuh



Banyak orang yang mengisi bahan bakarnya penuh sampai keluar dari tangki. Mereka menganggap kalau ini adalah hal yang biasa dan bisa irit sampai beberapa hari. Namun, mengisi bahan bakar terlalu penuh juga enggak baik Sahabat Boom. Sebab, BBM dapat tumpah dan tercecer di lantai. Nah, tetesan bahan bakar tersebut bisa menjadi pemicu timbulnya api. Tapi selain itu ada alasan lain juga nih, tangki BBM tidak boleh diisi penuh karena adanya lubang hawa. 

Lubang ini berfungsi untuk mengurangi tekanan yang dihasilkan BBM. Kalau seluruh tangki dipenuhi dengan bensin, gas yang timbul karena ekspansi BBM akan keluar dari tangki melalui selang, sehingga terbuang percuma.
Jadi sekarang sudah tau kan hal-hal yang tidak boleh dilakukan pada saat mengisi BBM? Yuk, mulai sekarang hindari melakukan keempat hal di atas di area pom bensin. Jangan sampai kita tetap tidak taat aturan yang telah dikeluarkan SPBU. Ingat, aturan dibuat bukan untuk dilanggar ya.