Jalan Kismantoro-Ngroto Akan Diperbaiki

by
RUSAK BERAT: Salah satu ruas jalan Kismantoro-Ngroto di Kecamatan Kismantoro, Kabupaten Wonogiri terlihat rusak, baru-baru ini. (kecirit.com/Khalid Yogi)

RUSAK BERAT: Salah satu ruas jalan Kismantoro-Ngroto di Kecamatan Kismantoro, Kabupaten Wonogiri terlihat rusak, baru-baru ini. (kecirit.com/Khalid Yogi)

WONOGIRI, kecirit.com – Beberapa ruas jalan di Kecamatan Kismantoro, Kabupaten Wonogiri akan diperbaiki tahun ini. Antara lain jalan Kismantoro-Ngroto, Jalan Kismantoro-Biting, Jalan Miri-Lemahbang, Jalan Gedawung-Ngroto, dan Jalan Ngroto-Bugelan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Wonogiri, Sri Kuncoro melalui Kabid Bina Marga, Prihadi Ariyanto mengungkapkan, jalan tersebut akan diperbaiki menggunakan Dana Insentif Daerah (DID) senilai lebih dari Rp 22 miliar. “Total dana yang digunakan untuk membangun jalan di Kismantoro mencapai lebih dari Rp 22 miliar,” kata Prihadi, Rabu (26/10).

Dia mencontohkan, jalan Kismantoro-Ngroto dengan panjang hampir tujuh kilometer akan dibangun dengan dana sekitar Rp 5 miliar. “Pembangunan di seluruh jalan Kismantoro tersebut akan diselesaikan tahun ini,” imbuhnya.

Sebelumnya, dari data yang diperoleh, panjang jalan Kismantoro-Ngroto mencapai 6.600 meter, Kismantoro-Biting mencapai 8.700 meter, Miri-Lemahbang mencapai 7.400 meter, Gedawung-Ngroto mencapai 6.350 meter, dan Ngroto-Bugelan mencapai 3.150 meter.

Dari pantauan kecirit.com, beberapa titik di ruas jalan Kismantoro-Ngroto dan Ngroto Bugelan terdapat kerusakan-kerusakan. Kerusakan jalan itu sangat mengganggu kenyamanan pengendara. Terlebih, medannya berupa pegunungan dan perbukitan dengan jalan yang naik-turun dan berkelok-kelok.

Dalam beberapa kesempatan, Bupati Wonogiri, Joko ‘Jekek’ Sutopo mengatakan, Kismantoro mendapat perhatian lebih dengan memprioritaskan pembangunan jalan di kecamatan tersebut. Pasalnya, tingkat kemiskinan di wilayah itu merupakan yang tertinggi di Wonogiri. Pembangunan infrastruktur diharapkan mampu mendorong roda perekonomian masyarakat setempat. (Khalid Yogi/CN38/SM Network)