Jalan Kendal-Ungaran Diperbaiki

0
26
Sebuah eskavator meratakan tanah padas di jalur alternatif Kendal-Ungaran di Desa Darupono, Kaliwungu Selatan, Kendal yang diperbaiki. (kecirit.com/ Rosyid Ridho)

Sebuah eskavator meratakan tanah padas di jalur alternatif Kendal-Ungaran di Desa Darupono, Kaliwungu Selatan, Kendal yang diperbaiki. (kecirit.com/ Rosyid Ridho)

KENDAL, kecirit.com – Jalan alternatif yang menghubungkan Kendal-Ungaran di Desa Darupono, Kecamatan Kaliwungu Selatan, diperbaiki, Kamis (9/3). Jalan rabat beton yang ambles dan putus dibongkar dan disingkirkan ke sisi timur talut yang longsor. Kontraktor pelaksana PT Wiwaha Wahyu Wijaya Perkasa dari Semarang, ditarget menyelesaikan perbaikan jalan sementara selama dua pekan ke depan.

Pantauan di lapangan, rabat beton yang sebelumnya ambles dan miring sudah dibongkar dan disingkirkan. Kondisi jalan sekarang berupa tanah padas. Satu unit eskavator dikerahkan untuk meratakan tanah padas.

Meski sedang dilakukan perbaikan, jalan tidak ditutup. Arus lalu lintas di sana diberlakukan sistem buka tutup. Kondisi itu menyebabkan ketersendatan arus lalu lintas. Pengguna jalan dari arah utara dan selatan harus bersabar.

Kontraktor membuat akses sementara di sisi barat jalan padas dengan lebar kurang lebih tiga meter agar bisa dilalui kendaraan. “Kami harus bangun akses dulu agar arus lalu lintas bisa dilalui oleh pengguna jalan,” kata Jatmiko Aji, pengawas lapangan dari PT Wiwaha Wahyu Wijaya Perkasa di lokasi.

Jatmiko mengatakan, pihaknya ditarget oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kendal bisa menyelesaiakan pembangunan jalan sementara selama dua pekan ke depan.

Secara teknis, sisi timur jalan atau bekas talut yang longsor akan diberi tiang pancang dengan diameter 30 sentimeter. Tiang pancang yang disiapkan mencapai sekitar 300 unit dengan ketinggian 12 meter dan 18 meter.

Tiang pancang dipasang tidak hanya di sisi timur, tetapi juga sisi barat jalan dan akan dikaitkan dengan besi pengikat. Jarak antara tiang pancang yang satu dengan yang lainnya hanya sekitar lima sentimeter, sehingga jaraknya akan sangat rapat. Semetara panjang jalan yang longsor sekitar 40 meter.

“Kami mulai efektif bekerja hari ini (kemarin) dan ditarget dua pekan ke depan. Besok Sabtu diupayakan tiang pancang sudah dibawa ke lokasi. Kami juga mendatangkan crane untuk memasang tiang pancang tersebut,” ungkapnya.

(Rosyid Ridho/ CN33/ SM Network)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here