Ironis, Hamil di Luar Nikah Mencapai 60 Kasus

by
Foto: Liputan6

Foto: Liputan6

PURBALINGGA, kecirit.com – Sejak awal tahun hingga 13 Oktober kemarin, dispendasi nikah di bawah umur di Purbalingga tergolong tinggi. Ironisnya, penyebabnya didominasi karena hamil pranikah. Pengadilan Agama (PA) Purbalingga mencatat sudah kurang lebih 101 kasus dan hamil sebelum menikah.

Ketua PA Purbalingga Hasanuddin, Senin (25/10) mengemukakan, dari data yang ada, dispensasi nikah diberikan karena beberapa kasus yaitu hamil sebelum nikah terdapat 60 kasus, pacaran lebih dari setahun 22 kasus, hubungan yang mengkhawatirkan 15 kasus dan kehendak orang tua tiga kasus.

“Sebagai pembanding, tahun lalu PA mengeluarkan 124 dispensasi nikah. Inipun sudah meningkat dibanding tahun sebelumnya 104 kasus,” katanya.

Menurutnya, jika sesuai fikih, batas usia pernikahan untuk pria ketika sudah baligh dan haid untuk wanita. Namun sesuai Undang-undang perkawinan hanya diizinkan ketika pria sudah 19 tahun dan wanita 16 tahun.

“Menikah karena hamil kecelakaan rentan terjadinya masalah keluarga. Hamil di bawah umur juga berimbas pada kesehatan ibu dan anak,” tegasnya.

Untuk upaya pencegahan, orangtua harus bisa memberikan pemahaman terhadap pendewasaan usia pernikahan. Selain itu pendidikan dan keterampilan pada anak, peningkatan sosial ekonomi, penanaman nilai moral keagamaan dan perlindungan hukum terhadap anak.
(Ryan Rachman/CN41/RED_KECIRIT NEWS UPDATE)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *