Humas Harus Inovatif Sikapi Isu Terkini

by

KLATEN -Bagian Hubungan Masyarakat (Humas) harus kreatif dan inovatif dalam menyediakan informasi yang dibutuhkan untuk publikasi di media massa. Bagian Humas jangan hanya menjadi penyedia rilis berita kegiatan seremonial pemerintah dan acara yang dihadiri para pejabat saja. Masalah itu ditegaskan Kepala Biro Humas Provinsi Jateng, Sinoeng Noegroho Rachmadi dalam pertemuan Badan Koordinas Hubungan Masyarakat (Bakohumas) di Klaten, Sabtu (22/10).

Kegiatan itu dihadiri Kepala Bagian Humas Kabupaten/ kota se-Jawa Tengah dan petugas Humas. ‘’Humas harus kreatif dan selalu melakukan inovasi, kalau menyajikan informasi jangan hanya acara protokoler para pejabat. Narasumbernya jangan hanya birokrat tapi juga dari masyarakat. Humas juga harus menjadi bagian dalam sinergitas menyikapi isu-isu terkini,’’ kata Sinoeng.

Ditambahkan, misalnya saat ini yang sedang trending topic adalah masalah pungli, maka Humas bisa berinisiatif mencari sumber informasi untuk menyikapi gerakan pemberantasan pungli di tingkat kabupaten/kota. Dengan demikian, bila ada media yang membutuhkan maka informasi sudah tersedia.

Kegiatan bertajuk ‘’Pengembangan Sumber Daya Kehumasan’’ itu sekaligus menjadi bahan evaluasi bidang kehumasan se- Jateng. Acara tersebut menjadi wadah peningkatan kapasitas, menjalin sinergitas, dan bagian dari kontribusi Humas untuk mendayagunakan fungsi Bakohumas.

Menggali Informasi

Tak hanya menyampaikan informasi untuk mempulikasikan, tapi juga ada fungsi edukasi. Informasi yang masuk dipilah mana yang layak disiarkan oleh media. Humas bisa pula menggali informasi tentang produk unggulan daerah yang bisa dipromosikan untuk mengangkat pamornya. ‘’Tema kali ini untuk mengangkat produk unggulan daerah, dengan fokus pada sektor pariwisata. Kebetulan saat ini, lokasinya dekat dengan Candi Prambanan. Awal tahun lalu, lokasinya di dekat Candi Borobudur.

Humas harus ikut promosi potensi wisata, biar kemedol,’’ kata Sinoeng. Kegiatan tersebut dibuka Sinoeng, Jumat (21/10) malam. Adapun inti kegiatan berlangsung di lokasi sama, Sabtu (22/10) dengan Kabag Humas Setda Klaten, Wahyudi Martono sebagai moderator. Panitia mendatangkan sejumlah jurnalis dari beberapa media menjadi narasumber. (F5-68)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *