Hindari Pengurusan Lewat Calo

by
BANNER STOP PUNGLI: Kepala UP3AD Pandji Kartiko dan Kasatlantas AKP Agus Triyono menunjukkan banner Stop Pungli Cek Fisik Gratis yang di pasang di Kantor Samsat Kendal. (kecirit.com/Rosyid Ridho)

BANNER STOP PUNGLI: Kepala UP3AD Pandji Kartiko dan Kasatlantas AKP Agus Triyono menunjukkan banner Stop Pungli Cek Fisik Gratis yang di pasang di Kantor Samsat Kendal. (kecirit.com/Rosyid Ridho)

KENDAL, kecirit.com – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Kendal mengimbau masyarakat untuk menghindari penggunaan jasa calo atau pihak ketiga dalam mengurus pembuatan SIM, STNK, maupun cek fisik kendaraan. Sebab, pengurusan melalui pihak ketiga, kerap kali warga harus mengeluarkan uang untuk memberi jasa calo dalam mengurus surat-surat tersebut.

Kasatlantas Polres Kendal AKP Agus Triyono menyampaikan hal itu pada sela-sela pemasangan banner dan spanduk Setop Pungli di Kantor Samsat yang merupakan pelayanan STNK dan Kantor Satlantas yang merupakan pelayanan BPKB dan SIM, Selasa (25/10).

Agus Triyono, mengatakan, warga supaya datang sendiri saat mengurus STNK, SIM, maupun lain sebagainya. Dia menegaskan, pengurusan BPKB maupun SIM telah ditentukan biayanya.

Sementara cek fisik kendaraan tidak di pungut biaya alias gratis. Spanduk dan banner seruan setop pungli tersebut dipasang di unit-unit pelayanan kepolisian antara lain unit pelayanan STNK di Samsat, unit pelayanan BPKB dan pelayanan SIM di Kantor Satuan Lalu Lintas. Banner bertuliskan,

”STOP PUNGLI ! Cek Fisik Gratis, Ada Pungutan Hub/SMS Kapolres 082241718035”, ”STOP PUNGLI ! Pengurusan BPKB sesuai PNBP [lihat daftar PNBP] keluhan Hub/SMS Kapolres 082241718035”, dan ”STOP PUNGLI ! Pengurusan SIM sesuai PNBP [lihat daftar PNBP], keluhan Hub/SMS Kapolres 082241718035”.

Spanduk juga terpasang di semua ruang pelayanan yang berisikan larangan keras praktik pungli yaitu ”STOP PUNGLI ! Penerima dan pemberi sama-sama melanggar hukum, keluhan Hub/SMS Kapolres 082241718035”.

Pemasangan banner dan spanduk larangan pungli itu sesuai dengan program prioritas Kapolri yaitu profesional, modern, dan terpercaya di bidang penguatan pengawasan.

”Kami juga membentuk tim untuk melakukan pembenahan. Di ruang pelayanan kami pasang banner dan spanduk larangan praktek pungli di tempat yang mudah dibaca oleh Polri maupun masyarakat,” kata Agus Triyono.

(Rosyid Ridho/CN39/SM Network)

loading...