Hadapi Produk Asing, Daya Saing dan Mutu UMKM Terus Dipacu

by
(kecirit.com/Cun Cahya)

(kecirit.com/Cun Cahya)

SEMARANG, kecirit.com – Dinas Koperasi dan UMKM terus memacu daya saing dan mutu produk usaha kecil menengah (UKM). Upaya itu dilakukan untuk menghadapi serbuan produk asing yang masuk ke Indonesia, khususnya Jawa Tengah.

Kepala Bidang Pemberdayaan Koperasi Dinas Koperasi dan UMKM Jawa Tengah, Bima Kartika mengatakan, era globalisasi seperti sekarang membuat produk asing lebih mudah masuk ke Indonesia. Maka untuk menghadapi dan mengatasi hal itu, produk dalam negeri harus diamankan.”Cara mengamankan produk kita dalam persaingan tersebut adalah dengan menggerakkan masyarakat untuk menggunakan produk buatan lokal. Upaya itu agar mereka makin peduli bahwa tingkat daya saing serta persaingan ekonomi ditentukan oleh penjualan produk dan keberpihakan masyarakat Jateng menggunakan produknya sendiri,” jelasnya saat ditemui, Kamis (27/10).

Selanjutnya agar produk UKM Jateng dapat bersaing, pelaku usaha juga perlu meningkatkan kreativitas. Seperti melakukan diversifikasi produk. Sehingga pada segmen tertentu produk UKM dapat menguasai pasar.

Bima menjelaskan, secara makro kualitas produk UKM Jateng semakin membaik. Sebab, sejauh ini pemerintah terus melakukan pelatihan dan pendampingan kepada pelaku usaha.”Untuk meningkatkan daya saing, setiap tahun ada kegiatan pelatihan seperti, pengemasan, sertifikasi atau standarisasi produk makanan minuman, PIRT, label halal, dan sertifikasi lainnya. Melalui upaya itu diharapkan mereka dapat bersaing dengan produk luar negeri,” jelasnya.

Sementara untuk meningkatkan, kualitas, kuantitas dan kontinuitas, Dinas Koperasi dan UMKM juga menyelenggarakan berbagai kegiatan. Salah satunya melalui Gebyar Pesona UMKM.

Panitia Pelaksana Gebyar Pesona UMKM 2016, Putri Merdeka menyampaikan, pada tahun ini pihaknya akan menggelar kegiatan tersebut pada Minggu, 30 Oktober 2016 di UMKM Center Jl Setiabudi Semarang.”Upaya ini bertujuan untuk memasyarakatkan produk UMKM, dengan harapan pasarnya semakin luas, penjualannya juga semakin meningkat,” katanya.

Pada kegiatan tersebut akan diikuti oleh gerai UMKM yang ada di UMKM Center. Selain itu, juga stan-stan UMKM yang menjual produk-produk kuliner khas Jateng.
(Anggun Puspita/CN40/SM Network)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *