Gempa 4,9 SR Guncang Pesisir Selatan Jawa Barat

by
Foto: Istimewa

Foto: Istimewa

JAKARTA, kecirit.com – Gempa bumi berkekuatan 4,9 SR, mengguncang kawasan pesisir selatan Provinsi Jawa Barat, Minggu (23/10). Lokasi gempa berada di Samudera Hindia pada jarak 130 km arah selatan kota Bandung, tepatnya pada kedalaman 67 km. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, bahwa goncangan gempa dirasakan sejumlah wilayah, yaitu Ciagra, Sindangbarang, Cidaun, Citalahab, Cimari, Bangbayang, Pameutingan, Karanganyar, Kelapagenep, Cijulang, Pameungpeuk, dan Sindangsari pada skala intensitas II SIG – BMKG (III MMI).

Selain itu, guncangan gempa juga dirasakan di Garut dan Bandung pada I SIG – BMKG (II MMI). Jadi hanya beberapa orang yang merasakan. Menurut Dr Daryono S Si M Si, Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, bahwa gempa bumi ini adalah gempa bumi kedalaman menengah akibat aktivitas subduksi lempeng.”Lempeng Indo – Australia yang menyusup ke bawah Lempeng Eurasia terjadi deformasi batuan di zona Benioff di bawah tepi utara cekungan busur muka (fore arc basin), tepatnya di lepas pantai selatan Jawa Barat. Peta aktivitas gempa menunjukkan bahwa beberapa tahun terakhir, terjadi peningkatan aktivitas gempa bumi di kedalaman menengah,” kata Daryono.

Dia menambahkan, bahwa berdasarkan monitoring BMKG, hingga kini belum ada gempa susulan.”Masyarakat di pesisir selatan Jawa Barat diharapkan tenang, dan gempa ini tidak berpotensi tsunami,” tandasnya.
(Vvn/CN40)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *