Garut Segera Dipulihkan

by
Foto: RRI

Foto: RRI

BANDUNG, kecirit.com – Pemerintah Pusat bakal berupaya secepatnya melakukan pemulihan pasca banjir bandang yang menerjang Garut pada pekan lalu. Presiden Jokowi yang meninjau langsung ke lokasi, Kamis (29/9) langsung mengambil sejumlah langkah penanganan. Fasilitas umum, tempat tinggal korban terdampak, hingga air bersih menjadi perhatian. Dia ingin pembangunan rumah susun dapat dilakukan secepatnya.

“Untuk sarana umum, rumah sakit, dan sekolah, masih dalam proses penghitungan apakah akan direnovasi yang sudah ada atau di relokasi ke tempat yang lain. Tapi kalau ada lahan yang lebih aman akan lebih bagus kalau direlokasi,” katanya.

Khusus tempat tinggal, Gubernur Jabar, Ahmad Heryawan menyatakan bahwa warga korban banjir bandang akan ditempatkan ke rusunawa milik KemenPU-Pera. Nantinya, rusunaw itu akan dihibahkan ke Kabupaten Garut.Dijelaskan, rusunawa itu terletak di Desa Mangkurakyat, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut dengan kapasitas tersedia 98 unit.

Sebanyak 60 unit di antaranya telah terisi. Rusunawa tersebut mempunyai sumber air bersih dari pasokan PDAM Tirta Intan. “Warga korban banjir bandang akan ditempatkan di rusunawa tersebut yang akan dihibahkan ke Kabupaten Garut, tentu ini harus didukung berbagai pihak,” katanya.

Dalam kunjungan itu, Jokowi menjelaskan bahwa kawasan hulu Sungai Cimanuk bakal dikonservasi. Langkah itu diikuti dengan perbaikan tata ruang, sekaligus penegakan hukum terhadap perusak lingkungan. “Akan saya perintahkan tindakan hukum oleh Polri untuk pelaku kerusakan lingkungan,” tegasnya.

Dalam kunjungannya, Presiden mendatangi sejumlah tempat di antaranya pos penanggulangan seperti posko utama Tanggap Darurat di Kodim 0611/Garut, Rumah Sakit Umum Dokter Slamet, dan menemui para pengungsi di Kecamatan Tarogong Kidul, serta memberikan bantuan langsung kepada masyarakat di Terminal Guntur. Jokowi meminta pencarian korban yang hilang terus diintensifkan mengingat ada 19 orang yang masih dinyatakan hilang.

(Setiady Dwi / CN26 / SM Network)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *