Ganjar: RTLH Indikator Kemiskinan

by
PERBAIKAN RTLH : Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mencanangkan perbaikan RTLH di Desa Purbasari, Kecamatan Karangjambu, Jumat (28/10). (Foto: kecirit.com/Ryan Rachman)

PERBAIKAN RTLH : Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mencanangkan perbaikan RTLH di Desa Purbasari, Kecamatan Karangjambu, Jumat (28/10). (Foto: kecirit.com/Ryan Rachman)

PURBALINGGA, kecirit.com – Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengatakan, di Jawa Tengah masih ada 15 kabupaten yang masuk kategori kemiskinan sangat tinggi. Salah satu indikator kemiskinan adalah kondisi rumah yang tak layak huni (RTLH).

“Saya apresiasi keseriusan Pemkab Purbalingga dalam program perbaikan RTLH sebagai cara untuk menekan angka kemiskinan,” katanya mencanangkan perbaikan RTLH di Desa Purbasari, Kecamatan Karangjambu, Jumat (28/10).

Menurutnya, di Kementerian Pekerjaan Umum (PU) juga ada program perbaikan RTLH. Oleh karena itu, ke depan, ia akan mengusulkan ke kementerian agar program itu juga diturunkan ke Kabupaten Purbalingga dengan anggaran Rp 20 juta per rumah. Perbaikan RTLH di Purbalingga sendiri saat ini baru dianggarkan Rp 10 juta per rumah.

“Juga banyak bantuan dari pihak ketiga seperti perusahaan. Melalui CSR mereka ingin ikut serta mengentaskan kemiskinan,” katanya.

Selain perbaikan RTLH, ia juga mengapresiasi program pembuatan jamban masyarakat. Sebab di Jateng sendiri ada kabupaten yang 30 persen warganya tidak memiliki jamban. Dengan program itu, akan meningkatkan taraf kesehatan bagi masyarakat.

Bupati Pubalingga Tasdi mengatakan, di Purbalingga terdapat 241 ribu rumah dan 11,6 persen adalah tidak layak huni dan 24,5 persen tidak memiliki jamban yang sehat. Oleh karena itu, program perbaikan RTLH dan pembangunan jamban jadi program prioritasnya.

“Masyarakat berhak tinggal di rumah yang layak. Jadi martabat mereka terangkat. Ini jadi pekerjaan serius bagi Pemkab dan semua pihak. Beruntung program perbaikan RTLH disengkuyung oleh pihak-pihak lainnya, jadi Pemkab tidak bekerja sendirian,” katanya.

Tahun ini Pemkab Purbalingga melakukan perbaikan 2.150 RTLH dengan anggaran mencapai Rp 21,5 miliar serta pembuatan jamban dengan anggaran yang disiapkan Rp 5 miliar. Tahun depan, Pemkab Purbalingga akan memperbaiki 3.000 RTLH.

(Ryan Rachman/CN19/RED_KECIRIT NEWS UPDATE)