Gak Cuma Kuning, Kini Daging Durian Ada Warna Merah dan Oranye Lho!

by
Gak Cuma Kuning, Kini Daging Durian Ada Warna Merah dan Oranye Lho!

Buah dengan penampakan penuh duri berwarna kekuningan ini begitu digilai banyak orang. Durian sendiri dikenal dengan rasa manis dan kandungan alkohol yang membuat rasanya makin mantap. BERITA UNIK

Umumnya, durian memiliki daging buah berwarna kuning atau putih. Tapi tahukah kamu, ternyata ada pula jenis durian yang berbeda dari biasanya itu? INFO SPECIAL

Bukan berwarna kuning atau putih, daging buah durian satu ini malah berwarna merah dan oranye lho! Menariknya lagi, durian merah dan oranye bisa kamu temukan di Indonesia.  Berikut IDN Times ulas beberapa fakta menarik mengenai durian yang antimainstream ini. Simak ya! TIPS KESEHARIAN

1. Asal tanah Jawa dan Kalimantan

http://danaqq.com/?ref=Ciaciaa



Durian dengan daging buah berwarna merah dan oranye ini bisa ditemukan di tanah Jawa dan Kalimantan. Tepatnya di ujung Timur Pulau Jawa, Banyuwangi, durian merah begitu menarik perhatian masyakarat. Banyuwangi tak hanya terkenal dengan keindahan alamnya saja, tetapi keunikan buah durian merah juga menjadi ciri khasnya.

Menyeberang ke Utara, di Kalimantan, kamu bisa mencicipi durian oranye yang dielu-elukan. Beberapa tempat seperti di Kalimantan Timur, Selatan, dan Tengah, kamu bisa temukan jenis durian yang tidak pada umumnya ini.

2. Punya sebutan unik dari masyarakat setempat

http://danaqq.com/?ref=Ciaciaa



Lidah lokal masing-masing daerah punya sebutan untuk durian unik tersebut. Warga Banyuwangi menyebut jenis durian merah dengan sebutan duren abang. Sebutan itu juga bisa disingkat menjadi dubang.

Sedangkan, orang Kalimantan memiliki sebutan yang cukup banyak untuk durian oranye nih! Di Kalimantan Timur, durian oranye disebut dengan lai atau lay. Nah, di Kalimantan Selatan dan Tengah, warga setempat menyebutnya dengan pampaken atau pampakin.

3. Banyak perbedaan dengan durian pada umumnya



Buah durian pada umumnya memiliki aroma yang tajam, seperti halnya kulit luarnya. Saat dikupas, kamu akan mendapati buah durian berwarna kuning atau putih. Buahnya yang manis juga terasa seperti alkohol. Biasanya biji durian cukup besar sesuai jenisnya masing-masing.

Durian merah dan oranye ternyata berukuran lebih kecil dibandingkan jenis pada umumnya. Menariknya, daging buah durian merah dan oranye dirasa lebih tebal dibanding durian biasa.


Tak hanya itu, biji buahnya pun lebih kecil. Rasanya memang sama-sama manis, tapi aroma alkohol tidak sekuat durian pada umumnya. Uniknya lagi, durian ini hanya panen sekali dalam setahun pada waktu yang sulit diperkirakan.

4. Harga untuk sebuah durian merah dan oranye



Jika dibandingkan dengan durian pada umumnya, harga durian merah khas Banyuwangi dibanderol cukup mahal. Kamu harus mengeluarkan uang antara Rp 150 ribu hingga Rp 250 ribu per buahnya. Harga tersebut dipatok sesuai berat dan besarnya buah durian merah itu sendiri.

Durian oranye dibanderol dengan harga yang lebih murah daripada yang merah. Sebuah durian oranye bisa dipatok harga sekitar Rp 70 ribu hingga Rp 150 ribu. Itu pun disesuaikan dengan bobot buah durian oranye masing-masingnya.

Itu dia beberapa fakta dari uniknya durian merah dan oranye ini. Kamu sudah pernah cobain, belum? Lebih suka buah warna apa nih?

loading...