Empat Provinsi di Indonesia Rawan Korupsi

by
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo saat menyampaikan sambutan dalam Rapat Kerja Gubernur Forum Kerjasama Daerah - Mitra Praja Utama (FKD - MPU) XVI 2016 di Hotel Gumaya Semarang, Kamis (29/9).(kecirit.com/Puthut Ami Luhur)

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo saat menyampaikan sambutan dalam Rapat Kerja Gubernur Forum Kerjasama Daerah – Mitra Praja Utama (FKD – MPU) XVI 2016 di Hotel Gumaya Semarang, Kamis (29/9).(kecirit.com/Puthut Ami Luhur)

SEMARANG, kecirit.com – Empat provinsi di Indonesia, menurut Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), memiliki tingkat kerawanan korupsi yang cukup tinggi.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menyampaikan hal tersebut saat Rapat Kerja Gubernur Forum Kerjasama Daerah – Mitra Praja Utama (FKD – MPU) XVI 2016 di Hotel Gumaya Semarang, Kamis (29/9).

Provinsi pertama yang tingkat korupsinya paling tinggi adalah Sumatera Utara. “Ini akan memecahkan rekor dunia,” kata Tjahjo di Semarang.

Di Provinsi tersebut, 17 kepala daerah (Kabupaten/Kota), 100 anggota DPRD dan 21 kepala SKPD baik dari Kabupaten/Kota maupun Provinsi terkait dengan kasus korupsi. Bahkan lanjutnya, Gubernur dan istrinya pun kemarin sudah tersangkut korupsi.

Peringkat kedua adalah Provinsi Riau. Tjahjo juga menyebut provinsi tersebut akan memecahkan rekor dunia dimana tiga Gubernurnya secara berturut-turut masuk penjara karena kasus korupsi.

Berikutnya Provinsi Banten. Provinsi ini memiliki anggaran terbanyak kedua setelah DKI Jakarta. Proyek infrastrukturnya juga banyak namun tidak ada yang beres. Terakhir, Provinsi Papua.

“Jadi dari Lampung sampai NTT aman kecuali Banten,” tambah politisi PDI Perjuangan itu.
(Puthut Ami Luhur/CN41/RED_KECIRIT NEWS UPDATE)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *