Dua Ribu Pohon Ditanam di Bantaran Bengawan Solo

by
Anggota Majelis Nichiren Shoshu Buddha Dharma Indonesia (MNSBDI) menanam pohon di area Urban Forest Pucang Sawit di bantaran Bengawan Solo, Jumat (30/9). (kecirit.com/Yusuf Gunawan)

Anggota Majelis Nichiren Shoshu Buddha Dharma Indonesia (MNSBDI) menanam pohon di area Urban Forest Pucang Sawit di bantaran Bengawan Solo, Jumat (30/9). (kecirit.com/Yusuf Gunawan)

SOLO, kecirit.com – Sebanyak dua ribu bibit pohon aneka buah ditanam di area Urban Forest Pucang Sawit, di bantaran Bengawan Solo, oleh anggota Majelis Nichiren Shoshu Buddha Dharma Indonesia (MNSBDI), Jumat (30/9).

Penanaman pohon tersebut merupakan rangkaian kegiatan Wahana Negara Raharja (WNR), yakni acara tahunan yang diadakan MNSBDI sebagai bagian dari pelaksanaan ajaran Buddha, yakni “aku adalah mata, tiang dan bahtera bangsaku”.

Tahun ini, kegiatan WNR yang berlangsung 29 September hingga 2 Oktober dipusatkan di Solo, diikuti lebih dari 1.500 anggota MNSBDI dari seluruh Indonesia.

Wakil Wali Kota Achmad Purnomo hadir sebagai tamu, dalam penanaman pohon yang diikuti ratusan anggota majelis. Orang nomor 2 di Solo itu secara simbolis mengawali kegiatan penanaman, dengan menanam salah satu pohon di lahan Urban Forest.

“Kami menyambut baik partisipasi umat Buddha yang hari ini (kemarin, Red) menanam pohon di bantaran Bengawan Solo ini. Semoga pohonnya tumbuh subur dan berbuah, serta bermanfaat bagi masyarakat,” tuturnya.

Irwan Prasidha, Ketua Gerakan Peduli Sekitar Kita (GPSK) yang merupakan organisasi sayap MNSBDI untuk kegiatan sosial mengatakan, penanaman pohon tersebut aplikasi dari salah satu prinsip ajaran Budhha, yakni cinta tanah air.

Dikatakannya, kegiatan WNR yang digelar setiap tahun berisikan program aksi nyata untuk masyarakat, bekerjasama dengan organisasi lintas aneka latar belakang.

“Untuk penanaman pohon ini, tujuannya membantu menjaga Bengawan Solo, menghindari terjadinya DAS (daerah aliran sungai) yang kritis. Selain itu ada kegiatan lain berkaitan WNR tahun ini, seperti pemasangan instalasi air bersih di sejumlah daerah di Jateng,” imbuhnya.

(Irfan Salafudin/ CN33/ SM Network)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *