Dua Anggota Gafatar Divonis Bersalah

0
40
Ilustrasi: Istimewa

Ilustrasi: Istimewa

SLEMAN, kecirit.com – suara-Dua pelaku penculikan terhadap anggota eks Gafatar, dokter Rica Tri Handayani divonis bersalah oleh majelis hakim PN Sleman.

Dalam sidang pembacaan vonis, Kamis (29/9), majelis menyatakan terdakwa Eko Purnomo dan Feni Orinanda terbukti melanggar dakwaan kedua pasal 332 KUHP.

“Terbukti secara sah dan meyakinkan secara bersama-sama melakukan tindak pidana melarikan perempuan dengan tipu muslihat, kekerasan atau ancaman kekerasan, dengan maksud untuk memastikan penguasaannya terhadap perempuan itu,” papar ketua majelis hakim Ninik Hendras Susilowati.

Meski sama-sama dinyatakan bersalah, hakim memutuskan vonis berbeda atas keduanya. Eko dijatuhi hukuman dua tahun penjara, sedangkan Feni hanya satu tahun penjara dikurangi masa tahanan yang telah mereka jalani sejak Januari 2016.

Hal yang memberatkan terdakwa karena perbuatannya menimbulkan trauma terhadap korban. Selain itu, keduanya juga menggunakan dalih agama untuk menipu dan mempengaruhi korban.

Vonis itu lebih ringan dari tuntutan jaksa yang sebelumnya mengajukan hukuman tujuh tahun penjara dengan pembuktian pasal 328 KUHP. Dalam pertimbangannya, jaksa Johan Iswahyudi menilai penculikan yang dilakukan terdakwa bukan tindak penculikan biasa karena menimbulkan keresahan dan kekacauan di masyarakat.

Atas putusan itu, pihak jaksa maupun terdakwa menyatakan pikir-pikir akan menerima atau meminta banding.

(Amelia Hapsari/CN19/RED_KECIRIT NEWS UPDATE)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here