DIY Miliki 186 Rumah Pangan Kita

by
Foto: merahputih

Foto: merahputih

YOGYAKARTA, kecirit.com – Program Rumah Pangan Kita (RPK) yang diluncurkan Bulog sejak pertengahan tahun lalu mendapat respon cukup positif dari masyarakat.

Hingga September ini telah terbentuk 186 RPK tersebar di seluruh kabupaten dan kota wilayah DIY. Terbanyak ada di Kabupaten Sleman yakni 78 unit disusul Bantul sejumlah 55 unit, Yogyakarta 36 unit, Gunungkidul 9 unit, dan Kulonprogo 8 unit.

Ditargetkan sampai akhir tahun ini terbentuk 500 RPK. “Kami mendorong pemerintah desa atau kelurahan untuk membentuk RPK. Nantinya mereka sendiri yang mengelola,” kata Kepala Bulog Divisi Regional Yogyakarta Miftahul Adha, Rabu (28/9).

Peluncuran program RPK diklaim sudah mampu memberikan pengaruh terhadap kestabilan harga. Sejauh ini, harga beberapa kebutuhan pokok tidak melonjak naik. Selain itu, ketersediaan pangan juga relatif merata dan tersebar di seluruh titik.

“Tujuan RPK adalah membentuk kemitraan antara Bulog dengan masyarakat dalam bentuk outlet penjualan. Dengan memotong jalur distribusi diharapkan bisa semakin mendekatkan produsen dan konsumen,” terang Miftahul.

Meski memperoleh respon yang cukup baik, namun masih terdapat beberapa kendala di lapangan terutama menyangkut masalah medan. Untuk mengatasi persoalan itu, calon mitra RPK khususnya yang tinggal di Gunungkidul dan Kulonprogo, disarankan datang langsung ke gudang Bulog di masing-masing kabupaten.

(Amelia Hapsari/ CN33/ SM Network)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *