Diganggu Masalah Elektrik, Sean Tetap Tembus 10 Besar

0
11
Foto: kecirit.com / dok

Foto: kecirit.com / dok

BARCELONA, kecirit.com – Pembalap ART Grand Prix, Alexander Albon (Thailand), dan pembalap Rapax, Nyck De Vries (Belanda), bergantian menjadi yang tercepat pada hari kedua tes pramusim perdana balap mobil Formula 2 2017, di Sirkuit Catalunya, Spanyol, Rabu (15/3).

Dengan waktu terbaik semenit 28,225 detik, Albon tak tertandingi pada sesi tes pagi hari. Setelah tampil memukau pada sesi pertama, Albon melorot hingga peringkat ke-17 sesi petang hari. Dalam tes kedua ini, giliran Vries menjadi tercepat dengan waktu semenit 29,223 detik.

Sementara itu, satu-satunya pembalap Indonesia di F2, Muhammad Sean Gelael, masuk 10 besar pada tes petang hari. Tergabung dalam tim Pertamina Arden, penampilan Sean sempat diganggu masalah elektrik pada mobilnya. Sesi latihan hari kedua dilangsungkan dalam kondisi cuaca yang cerah. Pada sesi latihan ini, semua tim menjalani qualification run dan race run.

Qualification run artinya setiap tim menjalani latihan untuk menghadapi sesi kualifikasi. Dengan demikian jumlah putaran yang dihabiskan pembalap tidak terlalu banyak karena mereka fokus mengejar waktu tercepat. Adapun dalam race run setiap tim dihadapkan kondisi untuk balapan. Jumlah putaran yang dilahap para pembalap pun jauh lebih banyak dibandingkan qualification run.

Pada sesi latihan pagi, Sean membuat waktu tercepat semenit 29,906 detik. Sayangnya saat penampilan Sean sedang bagus, masalah elektrik mengganggu mobilnya. Pada sesi petang hari, masalah elektrik belum juga teratasi. Akibatnya, Sean hanya punya sisa waktu 10 menit untuk menyelesaikan sesi latihan.

Kondisi ini tentu sangat tidak ideal karena untuk race run pebalap membutuhkan putaran yang lebih banyak. Namun, Sean masih bisa menembus posisi 10 besar. Dia mengukir waktu tercepat, semenit 30,680 untuk berada di posisi kesembilan.

Setelah tes pramusim perdana di Barcelona, para pembalap kembali mendapat kesempatan menjalani sesi latihan kedua di Sirkuit Sakhir, Bahrain pada 29-31 Maret. Di Sirkuit itu pula seri pertama F2 2017 akan dilangsungkan, tanggal 14-16 April.

(Wahyu Wijayanto / CN26)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here