Delapan Putra Banyumas Bersaing di PON

by

PURWOKERTO – Delapan putra Banyumas bersaing di venue panjat tebing PON XIX Jabar 2016, di Cikole Jayagiri Resort, Lembang, Bandung, (17-29/9).

Tak semua membela kontingen Jateng, tetapi tersebar di empat provinsi, lima sebagai atlet dan tiga menjadi pelatih/ofisial. Para atlet tersebut Santi Welyanti (putri) dan Gusti Abimanyu (putra) membela Jateng, Toni Mamiri dan Eka Bayu Prabowo (putra) berbendera Jabar, dan Muji Mulyani (putri) berkostum DKI.

Nama-nama pelatih/ofisial adalah Iwan Heri Setiawan (asisten pelatih Jateng), Ponti Hardiyanto (Bali) dan Ari (Bangka Belitung). Di ajang itu, Santi merebut dua medali perak. Muji Mulyani menyumbang emas untuk DKI, setelah menjuarai nomor speed world record relay. Di final, Muji dan kawan-kawan mengalahkan tim Jateng.

Pelatih Ari membawa timnya meraih dua medali perak. Iwan Heri, yang juga Pelatih Banyumas, menuturkan para atlet dan pelatih itu mantan anak didiknya, saat masih di klub Target, Purwokerto. Sebelum beralih profesi menjadi pelatih, Ponti dan Ari juga atlet. Ponti pernah merebut emas untuk Bali.

Mirip Reuni

Karena itu, arena panjat tebing PON mirip reuni para atlet Banyumas. Ketika rombongan KONI Banyumas datang ke tempat itu, atlet dan pelatih tim Jateng menemui dan menyalami.

Kedatangan pengurus KONI yang dipimpin Ketua Sukardi itu itu untuk memonitor perkembangan atlet Banyumas dan memberi motivasi. Setelah itu, putra-putra Banyumas yang berkostum provinsi lain juga menemui dan menyalami rombongan KONI.

Meski di arena panjat para atlet itu bersaing berrebut medali, di luar lapangan mereka tetap berhubungan baik dan bersilaturahmi. Tokoh panjat tebing Banyumas Suhendro Hondrang menuturkan di venue panjat tebing PON XVIII Riau 2012 juga menjadi ajang unjuk kekuatan atlet Banyumas.

Saat itu terjadi final sesama pemanjat Banyumas, yang membela Jateng, yaitu Santi Welyanti dan Defi Rahmiyati. Santi keluar sebagai pemenang. (bd-87)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *