Dari hujatan Hingga Diberi Harapan Palsu, Inilah Susahnya Menjadi Penjual Online

by
Dari hujatan Hingga Diberi Harapan Palsu, Inilah Susahnya Menjadi Penjual Online

Menjadi customer service di penjualan online memang susah-susah gampang. Karena tugasnya yang harus melayani pembeli tanpa tau sifat dan karakter orang tersebut. Kalau sang pembeli baik hati ya sangat bersyukur, jika konsumennya di luar ekspektasi harus ekstra sabar menghadapinya. Risiko-risiko seperti itu pasti sudah ditelan mentah-mentah oleh para customer service ini.  BERITA UNIK

Seperti beberapa berita yang banyak terdengar akhir-akhir ini. Di akun twitter @acilo menyebutkan bahwa ada customer service dari salah satu online shop berkata kasar pada pembelinya. Sampai menyebutkan kalau sang calon pembeli itu tidak punya uang karena enggak memberi kepastian. Nah, kalau sudah begitu siapa yang patut disalahkan? Penjual atau pembeli? Hmm.. pasti bingung juga dong ya. Dengan melihat kejadian yang seperti itu, bisa kita ketahui kalau bekerja menjadi customer service online shop harus benar-benar sabar dalam mencari rejeki.  INFO SPECIAL

1. Harus menghadapi pertanyaan konsumen yang kadang enggak jelas. TIPS KESEHARIAN

http://danaqq.net/?ref=Ciaciaa



Bekerja sebagai admin online shop sepertinya terkesan cukup mudah. Padahal sebenarnya itu adalah pekerjaan yang cukup berat dan hanya bisa dilakukan oleh orang-orang yang berjiwa besar. Ya contohnya adalah harus menghadapi konsumen yang punya sifat masing-masing. Jika mereka mendapatkan calon pembeli yang sabar, maka itu adalah anugerah terindah dari Tuhan Yang Maha Esa. Sedangkan kalau dapat konsumen yang cerewet ya harus dilayani dengan sabar dan penuh kasih sayang.

2. Belum lagi dimaki konsumen kalau barang yang dipesan sudah habis

http://danaqq.net/?ref=Ciaciaa



Hmm.. ini kerap sekali terjadi dalam transaksi jual beli online. Terkadang para admin online shop tidak menghapus foto dari barang yang stoknya sudah habis. Atau juga para customer service lupa memberi keterangan pada gambar jika stok masih belum disediakan kembali. Nah, biasanya pembeli jarang banget menerima kenyataan tentang habisnya barang yang akan ia beli. Bukan malah memilih barang lain, tapi para konsumen memarahi sang admin. Ya, mau bagaimana lagi. Derita admin online shop yang harus mendengar jerit kemarahan dari sang pembeli bikin mereka harus memperbanyak ibadah kepada sang ilahi agar emosi tidak naik seketika.

3. Kudu bersabar kalau ada pembeli tapi semacam memberi harapan palsu

http://danaqq.net/?ref=Ciaciaa



Mendapatkan pembeli memang adalah suatu kesenangan tersendiri bagi para admin online shop. Karena dari situ mereka menganggap kalau barang dagangannya lagu dijual. Namun, enggak jarang juga para customer service ini mendapatkan pelanggan yang memberi harapan palsu. Sudah dibalas cepat dan sopan, tapi malah calon pembeli ini menghilang ditelan bumi tanpa ada rasa bersalah. Ya, dengan kejadian itu pasti beberapa customer service menjadi sedikit kecewa karenanya.

4. Dituntut untuk mengirim barang dengan kecepatan super

http://danaqq.net/?ref=Ciaciaa



Salah satu masalah dalam jual beli online adalah pengiriman barang. Jika barangnya lama sampai ke pembeli, bisa-bisa admin lagi yang disalahkan. Padahal nih, untuk pengiriman barang ini tidak bisa langsung dikirim begitu saja. Mereka harus menunggu barang yang dipesan dari konsumen lain agar bisa dikirim sekaligus. Kemudian, kemungkinan lain adalah jasa pengiriman barangnya yang agak bermasalah. Sehingga menyebabkan barang tidak bisa sampai ke tujuan dengan tepat waktu.

5. Harus dituntut cepat dalam membalas pesan pembeli



Nah, harus diketahui ya Sahabat Boom kalau bekerja menjadi admin online shop tidak hanya melayani pembeli saja. Mereka juga memiliki pekerjaan lain. Contohnya seperti mencatat data konsumen dan kemudian mengemas barang yang telah dipesan pembeli. Nah, kalau online shop tersebut tidak ada kurir ya harus mereka yang mengantar barang-barang konsumen ke jasa pengiriman. Jadi, admin online shop bukanlah dewa yang mempunyai banyak tangan ya. Jika kalian memesan barang tapi responnya sangat lambat ya harus bersabar. Bukan mereka malas, tapi karena ada pekerjaan lain yang harus dilakukan. Jangan keburu marah-marah dulu.

Sudah tau kan bagaimana cara customer service ini bekerja? Mereka tidak bekerja melayani pembeli saja tapi juga untuk mengatur barangnya. Jadi, untuk para pembeli dimohon untuk bersabar kalau menunggu balasan dari admin. Jangan buru-buru marah dan menunda pembeliannya. Kemudian bagi orang yang bekerja menjadi customer service, harus lebih bersabar lagi ya. Jangan sampai mengeluarkan kata-kata kasar. Jika itu sampai terjadi, toko online kalian namanya bisa terancam jelek.