Dana Kampanye Pilkada Dibatasi Rp 5,26 Miliar

by

ARGOMULYO- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Salatiga, menetapkan batas maksimal penggunaan dana kampanye untuk Pilkada 2017 sebesar Rp 5.264.549.490.

Dana kampanye tersebut dapat digunakan untuk berbagai kegiatan, yaitu rapat umum, pertemuan terbatas, pertemuan tatap muka, pembuatan bahan kampanye, penyebaran bahan kampanye, dan pemasangan alat peraga kampanye.

Divisi Hukum KPU Salatiga Suryanto, mengatakan penghitungan batasan penggunaan dana kampanye disesuaikan dengan harga satuan barang dan jasa di daerah, yang kemudian dikomunikasikan dengan tim pemenangan pasangan calon. ”Dasar dari besaran plafon dana kampanye itu, hasil dari koordinasi antara KPU dengan tim pemenangan calon,” kata mantan Ketua KPU Salatiga ini. Sesuai aturan, lanjut Suryanto, dana kampanye bisa berasal dari berbagai sumber di antaranya dana sumbangan dari pasangan calon, dari partai politik, pihak ketiga atau dari badan usaha. Setiap jenis sumbangan juga sudah diatur nilai maksimalnya.

Pada Kamis (27/10), setiap pasangan calon kepala daerah diwajibkan menyampaikan laporan awal dana kampanye ke KPU Salatiga. Kemudian laporan penerimaan sumbangan dana kampanye paling lambat 20 Desember. Dan terakhir, laporan penerimaan dan pengeluaran dana kampanye paling lambat 12 Februari 2017.

Laporan Akhir

”Pada akhir kampanye, setiap pasangan calon juga harus menyampaikan laporan akhir penggunaan dana kampanye. Nilai maksimalnya tentu Rp 5,26 miliar,” katanya. Pada Pilkada 2017, terdapat dua pasangan calon yang akan bersaing yaitu pasangan Agus Rudianto- Dance Ishak Palit (Rudi Dance) dengan nomor urut satu dan pasangan Yuliyanto-Muh Haris (Yaris) dengan nomor urut dua.

Pasangan Rudi Dance diusulkan dua parpol yaitu PDIP (8 kursi DPRD Salatiga) dan PKB (2). Adapun Yaris diusulkan enam parpol yaitu Demokrat (3), Golkar (2), PKS (4), Nasdem (1), Gerindra (4), dan PPP (1). Kampanye Pilkada Kota Salatiga 2017 akan berlangsung lebih dari tiga bulan, mulai 28 Oktober hingga 11 Februari 2017 dan pelaksanaan pemungutan suara dilakukan pada 15 Februari 2017. Rencananya KPU Salatiga akan menggelar kampanye damai yang melibatkan dua pasang calon pada Sabtu (29/10). (H32- 63)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *