Cuaca Buruk, Nelayan Malah Panen Hasil Tangkapan

by
foto: kecirit.com/doc

foto: kecirit.com/doc

DEMAK, kecirit.com – Angin kencang (semacam puting beliung) yang hari ini melanda perairan Demak dirasakan oleh para nelayan di Morodemak Kabupaten Demak pada Minggu (23/10) sejak pagi sampai siang ini. Hal itu diakui baru terjadi pertama kalinya sejak musim timuran (kemarau).

Tapi angin yang sering disebut para nelayan dengan angin poncoworo (tanpa arah) itu, justru membawa berkah, karena anginnya diyakini akan menggiring ikan ke pinggir laut, sehingga mudah ditangkap.

Hal itu diakui Choiron Imron, Ketua Kelompok Pengawas Masyarakat Nelayan Lestari Bahari Kabuoaten Demak.”Ya, justru dengan cuaca seperti ini teman-teman nelayan merasa panen dengan hasil tangkapan yang berlimpah. Terutama jenis rajungan. Kalau biasanya mendapat 10 kilogram, kini bisa dua atau tiga kali lipatnya,” kata Choirun Imron dijumai Minggu (23/10) siang.

Sekarang ini, dikatakan Choirun Imron, musim timurannya sangat singkat (akibat anomali). Tinggi gelombang dan laju angin yang fluktuatif (naik turun), justru membuat nelayan berani berani melaut sampai radius 10 – 20 mil.

“Teman-teman nelayan dengan cuaca buruk seperti ini dipaksa untuk melawan arus dan angin. Mereka ada dua shift, yakni berangkat melaut pukul lima pagi dan pulang lima sore. Dan Berangkat jam empat sore pulang jam tujuh pagi,” pungkas Choirun Imron.
(Bambang Isti/CN40/SM Network)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *