Contraflow Gladak-Gendengan Disiapkan Tahun Ini

by

SOLO – Jalur contraflow untuk angkutan umum di Jalan Slamet Riyadi dari Gladag sampai perempatan Gendengan, akan disiapkan Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Surakarta pada tahun ini. Jalur contraflow adalah jalur khusus untuk angkutan umum berjalan berlawanan arah dengan jalur lalu lintas yang berlaku di jalan tersebut.

Lalu lintas di Jalan Slamet Riyadi, dari bundaran Purwosari hingga kawasan Gladak, berlaku satu arah yakni dari barat ke timur. Saat ini, jalurcontraflow di Solo ada di dua titik, yakni di sistem satu arah (SSA) Jalan dr Radjiman, dari perempatan Baron hingga pasar Jongke.

Di titik ini, jalur contraflowdigunakan angkutan umum untuk melaju ke arah timur. Titik lainnya di SSA Jalan Slamet Riyadi dari perempatan Gendengan hingga bundaran Purwosari. Jalur contraflow digunakan angkutan umum untuk melaju ke arah barat. Pengoperasiannya bersamaan dengan pemberlakuan sistem satu arah (SSA) di Jalan Slamet Riyadi sejak 13 September lalu.

Kepala Dishubkominfo Yosca Herman Soedradjad mengungkapkan, pemetaan terhadap rencana pembuatan jalur contraflow dari Gladak hingga perempatan Gendengan sudah dilakukan, termasuk berapa jumlah halte yang dibutuhkan untuk menaikturunkan penumpang. ‘’Melihat kondisi di lapangan, kemungkinan butuh 6 halte di jalur contraflow Gladak-Gendengan. Titiknya di mana saja, sudah ditentukan. Tapi saya tidak ingat detailnya,’’katanya.

Untuk sementara, halte yang digunakan bersifat nonpermanen, karena untuk keperluan uji coba terlebih dulu. Jika jalur contraflow di ruas jalan tersebut sudah berjalan efektif, maka nantinya akan dibuat halte permanen. Yosca mengatakan, sebelum Desember, uji coba jalur contraflow tersebut kemungkinan sudah bisa dilakukan.

Dia menambahkan, sarana yang dibutuhkan sudah siap semua. Tinggal pelaksanaan di lapangan. ‘’Kalau sarana, kan tinggal pasang halte non permanen, serta pembuatan marka khusus contraflow,’’ imbuhnya. (H44-50)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *