Citywalk Bisa Dihidupkan di Jalan Sunan Kudus

0
28
DIBONGKAR: Papan peringatan untuk berhat - hati pengguna yang melintas di Jalan Sunan Kudus karena separator jalan dibongkar oleh Dinas Bina Marga, Pengairan, Energi, dan Sumber Daya Mineral Kudus kemarin. (kecirit.com/Ruli Aditio)

DIBONGKAR: Papan peringatan untuk berhat – hati pengguna yang melintas di Jalan Sunan Kudus karena separator jalan dibongkar oleh Dinas Bina Marga, Pengairan, Energi, dan Sumber Daya Mineral Kudus kemarin. (kecirit.com/Ruli Aditio)

KUDUS,kecirit.com – Wacana pembuatan citywalk atau tempat bagi pejalan kaki di kawasan perkotaan utamanya di Jalan Sunan Kudus tampaknya bisa diwujudkan, pasalnya wacana tersebut sebenarnya merupakan bagian tuntutan kebutuhan masyarakat Kudus akan tempat untuk berekreasi. Disamping itu bisa dijadikan sebagai pendukung sarana estetikan tata kota.

Pengamatan tata kota dan lingkungan hidup dari Universitas Muria Kudus, Hendy Hendro HS MSi dalam sebuah diskusi tata kota kemarin menjelaskan, sudah waktunya Kudus memiliki citywalk di salah satu kawasan wilayah perkotaan.

“Wilayah yang tepat adalah Jalan Sunan Kudus yang saat ini tengah dilakukan pembongkaran separator jalur lambat oleh Dinas Bina Marga, Pengairan, Energi, dan Sumber Daya Mineral Kudus. Pertimbangannya kawasan tersebut bisa dijangkau dari segala penjuru sebagai ruang publik,” paparnya.

Ia juga menuturkan, sebenarnya tidak ada batasan citywalk harus dibangun dimana akan tetapi yang pasti adalah adanya niat untuk membangun ruang publik yang tampaknya di Kudus masih kurang. “Ruang publik disini bisa saja berlaku sebagai ruang terbuka hijau,” ujarnya.

Terkait dengan mekanisme pemanfaatan citywalk , Hendy menjelaskan citywalk bisa dimanfaatkan pada saat sore hari atau usai jam kerja, bahkan ketika hari libur, tanpa harus menutup jalur utama tersebut. Pasalnya lebar jalan Sunan Kudus dirasa sudah mencukupi.

“Tentunya ditunjang dengan fasilitas yang memadai, seperti tempat duduk, ruang berteduh kran air bersih serta tempat sampah,” ungkapnya.

Lintas Sektor

Pihaknya juga menjelaskan, bagaimana citywalk ini bisa terealisasi, pihaknya menjelaskan tentunya adanya kerjasama dengan lintas sektor. “Tentunya sebelumnya dipastikan kerjasama tersebut memiliki visi misi yang sama,” katanya.

Disisi lain siapa saja yang nanti menjadi pengelola bisa konsisten untuk menjaga dan merawat ruang publik tersebut. “Sehingga pemanfaatannya bisa sampai dengan jangka panjang,” tandasnya.

(Ruli Aditio/CN39/SM Network)

 

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here