Cara Menciptakan Laporan Pengamatan Yang Baik Dan Benar Dalam Pelajaran Bahasa Indonesia

by
Laporan Pengamatan – Barangkali pernah terpikir bahwa menciptakan sebuah laporan pengamatan  itu susah. Namun kenyataanya, untuk membuat laporan yang baik dan benar dalam pelajaran Bahasa Indonesia ternyata sangat mudah.
Laporan ialah merupakan suatu cara penulis dalam memberikan sebuah  informasi kepada seseorang atau suatu tubuh alasannya adanay tanggung jawab yang dibebankan kepadanya. Laporan bentuknya tertulis, yang berisikan informasi mengenai suatu fakta yang telah dialami atau yang sudah diamati.
 Barangkali pernah terpikir bahwa menciptakan sebuah laporan pengamatan  Cara Membuat Laporan Pengamatan yang Baik dan Benar dalam Pelajaran Bahasa Indonesia

Berikut ini fungsi dari laporan pengamatan:

  1. Memberitahukan atau menjelaskan pertanggungjawaban kiprah dan kegiatan.
  2. Memberitahukan atau menjelaskan hasil pengamatan.
  3. Merupakan dokumentasi hasil pengamatan.

Cara Membuat Laporan yang Baik dan Benar

Bagaimanakah cara menciptakan laporan yang baik dan benar? Coba kalian pelajari bahan klarifikasi berikut ini.
Langkah-langkah dalam menulis laporan antara lain::

  1. Melakukan pengamatan satu objek.
  2. Mencatat atau mengumpulkan data pengamatan terhadap objek yang telah diamati.
  3. Membuat kerangka laporan.
  4. Mengembangkan kerangka laporan menjadi laporan dengan bahasa yang baik dan benar.
  5. Menyunting atau mengedit hasil laporan semoga menjadi lebih sempurna.

Setelah menyusun laporan, maka kita tentu menginginkan laporan kita dalam keadaan sempurna. Maka kita perlu tanggapan orang lain. Sebaliknya kita juga harus sanggup menawarkan tanggapan terhadap laporan yang disusun oleh orang lain.
Bagaimanakah caranya dalam menanggapi laporan dengan baik? Agar kita sanggup menanggapi laporan dengan baik maka perhatikan hal-hal berikut:
a. Struktur Laporan.
Struktur laporan terdiri dari pembukaan, isi, penutup.

  • Pembukaan berisi gagasan pokok yang bermanfaat sebagai pengantar dalam  menyampaikan laporan yang nantinya dilaporkan.
  • Isi laporan berisi inti laporan yang akan dilaporkan.
  • Penutup laporan memuat kesimpulan dan saran.

b. Bahasa laporan baik dan benar.
c. Penyampaian laporan.

Laporan hendaknya ditulis dengan memakai pelafalan yang tepat sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia dan disampaikan secara runtut.
Jadi, menanggapi sebuah isi laporan berarti menilai kebaikan dan kekurangan lsebuah aporan mengenai struktur laporan, kebahasaan laporan, dan cara penyampaian laporan.

Berikut teladan laporan pengamatan:

 Barangkali pernah terpikir bahwa menciptakan sebuah laporan pengamatan  Cara Membuat Laporan Pengamatan yang Baik dan Benar dalam Pelajaran Bahasa Indonesia
Laporan Pengamatan
Kunjungan ke Museum Bumi Putera 1912

1. Tempat                : Magelang
2. Waktu                  : Minggu, 11 Nopember 2007
3. Hasil Kunjungan : Museum Bumi Putera 1912

Museum Bumi Putera 1912 letaknya di kota Magelang. Kota Magelang ialah merupakan kota kecil yang sudah usianya 1.100 tahun. Kota Magelang sangat gampang diingat masyarakat, alasannya di sana terdapat sebuah sekolah populer di Indonesia yaitu Akademi Militer ( Akmil) dan Sekolah Menengan Atas Nusantara.
Kota Magelang letaknya di sekitar lereng Gunung Tidar sehingga berudara sejuk. Kota ini mempunyai dongeng sejarah bangsa dalam melawan penderitaan kemiskinan akhir diberlakukannya sistem tanam paksa pada masa penjajah Belanda. Tempat bersejarah tersebut dinamakan Museum Bumi Putera 1912. Di dalam museum inilah sejarah usaha untuk mencapai kesejahteraan sanggup diamati.
Museum Asuransi ini merupakan satu-satunya yang ada di Indonesia yang didirikan oleh tokoh Mas Ngabehi Dwijosewojo, Mas Karto Hadi Subroto, Mas Adimidjojo. Tujuan dari pendirian asuransi  ini ialah untuk mencapai laba secara gotong royong baik anggota maupun perusahaan.
Perusahaan Asuransi Jiwa bersama terus tambah hingga kini berusia 95 tahun. Artinya, telah mencapai Trilyunan rupiah dengan jumlah pemegang polis akseptor asuransi lebih dari 4.500.000 juta orang tersebar di seluruh Indonesia.
Museum ini sangat cantik dikunjungi oleh bawah umur sekolah, alasannya di sana terdapat banyak sekali koleksi alat bantu perekonomian zaman dulu. Koleksi tersebut antara lain: mata uang Indonesia sebelum dan setelah kemerdekaan, mata uang gerilya dan mata uang NICA, mesin cetak, kalkulator ketik hitung dan fider yang dibentuk pada tahun 1920-an.
Di buat oleh: Shanti

Tugas:

Lakukan pengamatan terhadap tempat pariwisata yang terletak di daerahmu! Catatlah hasil pengamatanmu! Buatlah kerangka laporan hasil pengamatan! Kembangkan kerangka laporan menjadi laporan dengan memakai bahasa yang baik dan benar! Sempurnakan hasil laporanmu, lalu bacalah di depan kelas! Tanggapilah hasil laporan temanmu secara bergantian!
Demikian artikel mengenai cara menciptakan laporan pengamatan yang baik dan benar dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Semoga bermanfaat.

loading...