Cara Memahami Kisah Anak

by
Berikut ini klarifikasi bahan Bahasa Indonesia kelas VI SD mengenai cara memahami dongeng anak. Pada Pelajaran pertama ini, kau akan berguru memahami dongeng  anak yang dibacakan. Setelah pembelajaran ini, kau sanggup  mengetahui unsur-unsur dalam dongeng anak dan menjelaskan  tokoh, watak, dan latar dalam dongeng anak. Selain itu, kau pun  dapat memilih tema dongeng anak dan menuliskan kembali isi  cerita anak.
 Berikut ini klarifikasi bahan Bahasa Indonesia kelas VI SD mengenai cara memahami dongeng  Cara Memahami Cerita Anak
Sewaktu kau kecil, orang tuamu mungkin pernah  membacakan sebuah dongeng pengantar tidur. Kegiatan  mendengarkan dongeng sangat mengasyikkan. Kamu akan  merasa terhibur dan menerima banyak pelajaran dari isi  ceritanya.
Pada pembelajaran ini, kau akan berguru memahami  isi sebuah dongeng anak yang dibacakan. Cerita anak berbeda  dengan dongeng. Dongeng ialah dongeng yang tidak benar-benar  terjadi. Dalam dongeng tokoh ibarat binatang, tumbuhan, dan  benda lain sanggup berbicara ibarat manusia. Bagaimana cara memahami sebuah dongeng anak? Kamu  harus mengetahui unsur pembangunannya. 
Sebuah dongeng anak dibangun oleh beberapa unsur, yaitu:
  1. tokoh  : pelaku cerita
  2. watak  : sifat tokoh cerita
  3. latar  : daerah dan waktu dalam cerita
  4. tema  : inti cerita
  5. amanat : pesan atau pesan yang tersirat dalam cerita

Agar kau sanggup memahami dongeng anak yang dibacakan,  dengarkanlah dengan saksama. Siapkan pula catatan  untuk mencatat unsur-unsur dongeng anak. Hal tersebut akan  memudahkanmu memahami isi dongeng anak yang dibacakan.
Penokohan ialah  cara pengarang  menggambarkan dan menyebarkan budpekerti tokoh dalam cerita.
Watak-watak tokoh digambarkan melalui cara-cara berikut.
• penggambaran eksklusif oleh pengarang;
• penggambaran fisik dan sikap tokoh;
• penggambaran melalui cara berbicara tokoh;
• penggambaran oleh tokoh lain
Demikianlah cara memahami dongeng rakyat.