Calon Kades Diminta Buat Pernyataan

by
FOTO BERSAMA: Tiga calon Kepala Desa Salaman, Kabupaten Magelang, berfoto bersama Ketua BPD H Muji Suratno (paling kanan) dan ketua panitia H Bakir Sodiq (paling kiri), Jumat (21/10).(kecirit.com/Eko Priyono)

FOTO BERSAMA: Tiga calon Kepala Desa Salaman, Kabupaten Magelang, berfoto bersama Ketua BPD H Muji Suratno (paling kanan) dan ketua panitia H Bakir Sodiq (paling kiri), Jumat (21/10).(kecirit.com/Eko Priyono)

MAGELANG, kecirit.com – Calon Kepala Desa Salaman, Kabupaten Magelang, yang terpilih diminta menerapkan dan mempertanggungjawabkan visi misinya. Oleh karena itu para calon diminta membuat surat pernyataan di atas materai.

Usulan seperti itu muncul dalam acara tanya jawab usai penyampaian visi misi dari tiga calon peserta pemilihan kepala desa, Jumat (21/10). Pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades) yang akan berlangsung pada Minggu (23/10) diikuti tiga calon. Calon dengan nomor urut satu adalah Tri Wahyuningsih warga Dusun Brengkel I, calon nomor dua adalah Toat Subakti warga Dusun Soco, dan nomor urut tiga adalah Handoyo warga Dusen Gadean.

Ketiga calon awalnya diminta menyampaikan visi dan misinya masing-masing. Selanjutnya dibuka forum tanya jawab yang dimoderatori panitia pilkades, Adi Suwarsono. Tamu undangan utusan dari Dusun Supang, Soco, Brengkel I dan II, Kauman, serta Gadean diberi kesempatan mengajukan pertanyaan bebas.

Silakasih Setiawan alias Iwan warga Dusun Brengkel I dalam kesempatan itu meminta panitia transparan. Selanjutnya dia bertanya kepada calon, kelak kalau terpilih apakah bisa mempertanggungjawabkan visi dan misinya. Dia khawatir setelah terpilih ternyata melenceng dari visi misinya.

“Saya minta semua calon membuat surat pernyataan di atas meterai untuk mempertanggungjawabkan visi dan misinya,” pinta dia.

Atas permintaan itu ketiga calon menyatakan hendak mempertanggungjawabkan visi misinya. Mereka juga membuat surat pernyataan di atas materai Rp 6 ribu. Selanjutnya surat pernyataan diserahkan kepada panitia.

Sementara Lastri bertanya kepada ketiga calon apakah siap menang dan kalah, agar di akhir pemilihan tidak menyisakan rasa saling tidak suka. Sulastyo Utomo mengajukan pertanyaan bagaimana cara kades terpilih menghadapi berbagai masalah yang dihadapi masyarakat Salaman yang multi kompleks, serta dari mana sumber dana untuk menyejahterakan pengurus RT dan RW.

Atas pertanyaan itu calon nomor urut satu memberikan jawaban akan memanfaatkan anggaran secara merata. Sementara calon nomor dua berjanji tidak akan melangkahi kewenangan pengurus RT dan RW. Calon nomor tiga berjanji memprioritaskan anggaran untuk pengurus RT dan RW.

Ketua panitia H Bakir Sodiq berharap pilkades berjalan dengan aman, tertib,  nyaman, dan termurah se-Kabupaten. Sebab calon tidak dipungut biaya sepeser pun, tidak open house, gambar calon disediakan panitia, pemasangan gambar juga oleh panitia. Calon tidak harus berlatar belakang orang yang punya uang.
(Eko Priyono/CN41/RED_KECIRIT NEWS UPDATE)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *