Bidang Kebudayaan Digabung ke Dinas Pendidikan

by
RAPAT PEMBAHASAN: Panitian Khusus (Pansus) VIII DPRD Kota Tegal menggelar rapat pembahasan Raperda tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah, Kamis (29/9). (kecirit.com/Wawan Hudiyanto)

RAPAT PEMBAHASAN: Panitian Khusus (Pansus) VIII DPRD Kota Tegal menggelar rapat pembahasan Raperda tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah, Kamis (29/9). (kecirit.com/Wawan Hudiyanto)

TEGAL, kecirit.com – Bidang Kebudayaan yang selama ini bernaung di Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Kota Tegal direncanakan digabung dengan Dinas Pendidikan (Disdik). Hal itu terungkap dalam rapat kerja yang digelar Panitia Khusus (Pansus) VIII DPRD dengan agenda pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Pembentukan dan Susunan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kamis (29/9).

Menurut Wakil Ketua Pansus VIII DPRD, Sodik Gagang, penggabungan tersebut agar ada sinkronisasi. Sebab, selama ini sumber daya manusia yang mumpuni di Bidang Kebudayaan juga kebanyakan terdapat di Disdik. Diharapkan, dengan penggabungan tersebut pengelolaan bidang kebudayaan dapat lebih maksimal dan semakin diperhatikan. “Untuk Raperda sudah selesai pembahasannya, dan rencananya akan ditetapkan bersamaan dengan penetapan Raperda APBD Perubahan 2016 dalam Rapat Paripurna DPRD yang dijadwalkan, Senin, 3 Oktober 2016,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Disdik, Johardi menyampaikan, pihaknya menyambut baik adanya penggabungan tersebut. Oleh karena itu, siap menindaklanjuti dengan berkoordinasi
pada Bagian Hukum Pemkot Tegal, serta melaporkannya ke Wali Kota. “Penggabungan ini sejalan dengan di pusat maupun provinsi, sehingga nantinya tugas pokok dan fungsi (tupoksinya, red) akan mengacu pada apa yang diterapkan di sana,” katanya, Jumat (30/9).

Dia mengemukakan, dengan bergabungnya Bidang Kebudayaan diharapkan dapat mengembangkan kebudayaan yang selama ini belum tergali untuk diangkat menjadi identitas daerah. Selain itu, mendorong pembibitan bakat-bakat pelajar dan mahasiswa, serta masyarakat umum lainnya. “Dengan bergabungnya Bidang Kebudayaan ke Disdik, maka tentu harus bisa lebih dioptimalkan pengelolaannya,” ujarnya. (Wawan Hudiyanto/CN38/SM Network)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *