BFC U-21 Rekrut Pemain Akademi Spanyol

by
Foto: kecirit.com / Lanang Wibisono

Foto: kecirit.com / Lanang Wibisono

SEMARANG, kecirit.com – Bhayangkara FC U-21 ternyata cukup serius menghadapi putaran dua Indonesaia Soccer Championship (ISC) U-21 2016. Di hari terakhir masa pendaftaran pemain baru, Jumat (21/10), tim milik Polri ini berencana menambahkan satu pemain jebolan Akademi Spanyol, Muhammad Rafif Putra Adri (17 tahun).

Mantan penggawa Timnas U-19 era-Fachri Husaeni ini didatangkan untuk memperkuat lini tengah. Sebagai gelandang yang sudah tiga tahun berguru di Spanyol, Rafif diharapkan mampu menambah kekuatan tim untuk merealisasikan target ke final di ISC U-21.

Asisten Pelatih Bhayangkara FC U-21 Agus Sugeng Riyanto mengatakan, saat ini pihaknya sedang memproses administrasi pemain. “Kami usahakan bisa segera didaftarkan untu bergabung dengan Bhayangkara FC U-21. Jika sudah lengkap akan langsung kami daftarkan. Pemain yang bersangkutan juga sudah tergabung dengan pemain lain di Mess Jalan Dieng, Semarang,” katanya.

Muhammad Rafif Putra Adri sendiri merupakan pemain binaan Akademi Sepak Bola Intinusa Olah Prima (ASIOP) Apacinti. Bersama pesepak bola asal Indonesia lainnya, seperti Dallen Ramadhan, Mahir Radja Djamaoeddin, Ferul Monang, Syahrian Abimanyu, Hanif Faturahman, Hanif Abdurrauf, Samuel Christianson, dan Nicolas Pambudi, tahun 2012 lalu Rafif mulai mengenyam pendidikan akademi sepak bola di Spanyol hingga 2016.

Jakarta Football Academy (JFA) punya program kerja sama dengan sebuah akademi sepak bola privat di Spanyol, yang memungkinkan pesepak bola muda asal Indonesia berlatih dan menjalani sejumlah laga uji coba di negara penganut sistem monarki tersebut.

Kala itu, kesembilan pemain asal Indonesia tersebut berhasil membawa tim yang mereka perkuat menjadi juara turnamen usia dini wilayah Valencia untuk kategori usia U-16. Mereka ditawari untuk tinggal di Spanyol menjalani latihan di akademi sepak bola milik agen berlisensi FIFA, Vicente Floro, putra mantan pelatih Real Madrid, Benito Floro.

Dua pemain dari Indonesia, Dallen Ramadhan dan Mahir Radja Djamaoeddin, di akhir 2016 ini akhirnya resmi dikontrak klub Spanyol, CD Castellon selama satu musim.

(Lanang Wibisono / CN26)