Bermanfaat untuk Umat

by

SETINGGI apapun jabatan, tidaklah ada artinya jika tak bermanfaat untuk lingkungan sekitar. Prinsip itu dipegang benar oleh Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Prof Dr Sulistyo Saputro MSi.

Karena itulah, di sela kesibukannya sebagai pengajar, peneliti maupun reviewer penelitian, ia menyempatkan untuk ikut mengelola salah satu Taman Pendidikan Alquran (TPA) di Masjid Suwandi Istiqomah di Sanggrahan, Grogol, Sukoharjo yang tak jauh dari rumahnya. ‘’Sebaik-baiknya orang adalah yang bermanfaat bagi orang lain terutama lingkungan sekitar kita. Itu pula yang memotivasi saya untuk ikut dalam kegiatan membina TPAdan kegiatan sosial kemasyarakatan lainnya,’’ katanya.

Semangatnya untuk membagikan manfaat dilakukannya sedari muda. Sejak menjadi mahasiswa S1, Sulistyo sudah mengajar di SMAAl Muayyad. Hal itu terus dilakukannya setelah ia menjadi dosen PNS di UNS.

Tentu saja, hal itu dilakoninyabukan untuk memperoleh tambahan honor melainkan karena semangatnya membagi ilmu. Ia juga mengajak sang istri yang juga dosen untuk mengajar di sekolah tersebut. Dari aktivitas sosialnya, Sulistyo tak hanya memperoleh kepuasan rohani, namun juga mengenal dan dikenal lingkungannya dengan baik.

Bermanfaat

‘’Ilmu yang kita punya tidak akan ada artinya jika tidak dibagikan dan bermanfaat bagi orang lain. Saya membantu mengajar di sekolah itu sampai akhirnya saya harus mengambil gelar S3 dan tak lagi punya waktu untuk mengajar. Namun jika membina TPAmasih saya tekuni,’’ kata ayah tiga anak itu.

Semangat agar bermanfaat untuk umat nampaknya juga dikenalkannya pada keluarga. Ia selalu mengajak keluarganya untuk bersosialisasi dan bermanfaat bagi lingkungannya. ‘’Saya ajak anak-anak untuk membagi yang kita punya, bukan hanya materi namun juga ilmu maupun waktu untuk lingkungan kita,’’ papar pria kelahiran 4 September 1968 itu.

Selain aktivitas sosial, Sulistyo yang kesehariannya banyak berkecimpung dengan penelitian dan riset, juga dikenal tak pelit berbagi ilmu. Ia tak enggan membagikan ilmu dan kiat agar dosen mampu terus meriset dan meneliti di sela kesibukannya sebagai pengajar. (Evie Kusnindya-50)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *