Berikut Adalah 7 Hewan yang Dulunya Terancam Punah tapi Sekarang Gak!

by
Berikut Adalah 7 Hewan yang Dulunya Terancam Punah tapi Sekarang Gak!

Ada banyak sekali hewan langka bahkan terancam punah di dunia ini. Sebagian besar diakibatkan oleh perilaku manusia yang merusak lingkungan dan bencana baik alam maupun yang juga disebabkan manusia. Di antara semua spesies yang terancam punah, ada 7 hewan lho yang ditarik dari daftar tersebut dan gak dianggap lagka lagi. Apa saja? Baca selengkapnya di sini ya! TIPS KESEHARIAN

1. Chatham Petrel. BERITA UNIK



Ini adalah spesies burung yang khusus hanya mendiami Kepulauan Chatham, sekitar 650 Km di Timur Wellington. Dulunya banyak faktor yang menyebkan sarang petrel hilang, salah satunya akibat pengrusakan lingkungan oleh manusia. Sampai populasinya jatuh ke angka 600 di tahun 1995. Untungnya di tahun 2015, burung ini gak dinyatakan langka lagi. INFO MENARIK

2. Beruang Hitam Louisiana

http://danaqq.net/?ref=Ciaciaa



Dulunya beruang ini sangat suka diburu manusia, bahkan menjadi inspirasi boneka teddy bear. Di tahun 1992, beruang ini dinyatakan nyaris punah dengan populasi yang hanya berjumlah 150 di alam liar. Beruang ini dinyatakan gak lagi langka pada tahun 2015.

3. Tupai Rubah Semenanjung Delmarva

http://danaqq.net/?ref=Ciaciaa



Pada tahun 1967, pemerintah Amerika menerapkan program pelestarian spesies-spesies hewan langka. Sebuah langkah pertama pemerintah Amerika di bidang ini. Pelestarian pertama mereka menyertakan daftar 77 hewan yang terancam punah, salah satunya adalah tupai rubah ini. Setelah usaha pelestarian bertahun-tahun, tupai ini akhirnya dinyatakan gak lagi langka sejak tahun 2015.

4. Singa Laut Steller



Singa laut Steller adalah salah satu hewan raksasa khas Amerika yang hidup di pesisir bebatuan di bagian Barat Alaska. Akibat tingginya tingkat perburuan liar dan bencana alam, hewan ini sempat dinyatakan terancam punah. Namun pada tahun 2010, populasinya menjadi berjumlah 70.000 ekor dan terus bertambah sebanyak 4% setiap tahunnya. Singa laut ini dinyatakan gak lagi langka sejak tahun 2013.

5. Oryx Arab

http://danaqq.net/?ref=Ciaciaa



Dulunya hewan ini dianggap sudah benar-benar punah, karena satu-satunya spesies yang tersisa di alam liar ditembak mati oleh seorang pemburu di tahun 1972. Spesies lainnya telah diambil oleh kerajaan Arab sebagai koleksi para pangerannya. Pada tahun 1982, Oman membangun tempat pelestarian khusus Oryx ini dan kini telah lebih dari 1.000 ekor hidup di alam liar. Oryx dinyatakan gak lagi langka sejak tahun 2011.

6. Panda Raksasa

http://danaqq.net/?ref=Ciaciaa



Panda raksasa adalah maskotnya hewan terancam punah, yang digunakan oleh World Wildlife Fund (WWF) dalam logonya. Ketika WWF pertama memilih sosoknya sebagai logo, hewan ini nyaris punah sama sekali. Hewan yang terkenal lucu dan sangat dilindungi ini gak lagi dinyatakan langka sejak tahun 2016, karena jumlahnya telah lebih dari 2.000 ekor.

7. Penyu Hijau

http://danaqq.net/?ref=Ciaciaa



Melestarikan penyu hijau adalah perjuangan yang sangat berat. Salah satunya karena telur mereka begitu rapuh dan banyak proses yang harus dijalani sampai anak penyu bisa sampai ke laut. Pada tahun 1978, hanya ada beberapa penyu hijau di bumi ini. Kini, ada lebih dari 2.000 penyu hijau betina yang bersarang, hanya di Florida, Amerika Serikat. Penyu hijau gak lagi dinyatakan langka sejak tahun 2016.



Walaupun mereka sudah gak lagi langka, bukan berarti kita bisa memperlakukan mereka dan habitatnya dengan seenaknya ya. Semoga semua manusia bisa belajar dari kesalahan masa lalu dan benar-benar menjaga lingkungan sekitarnya.

loading...