Bendera Merah Kacaukan Kualifikasi GP2

by
Foto: SeanGP

Foto: SeanGP

SEPANG, kecirit.com – Pembalap Indonesia Muhammad Sean Gelael gagal mendapatkan hasil bagus pada kualifikasi GP2 Malaysia, di Sirkuit Sepang, Jumat (30/9). Pembalap Pertamina Campos Racing yang didukung Jagonya Ayam KFC Indonesia ini tak diuntungkan dengan kibaran bendera merah jelang sesi kualifikasi berakhir.

Pengawas balap mengibarkan bendera merah setelah rekan setim Sean, Mitch Evans (Selandia Baru) tergelincir dan menabrak pembatas lintasan di tikungan di sektor dua. Akibatnya, semua pebalap, termasuk Sean harus kembali masuk ke <I>pit stop<P>.

Kondisi ini tentu sangat tidak menguntungkan karena ban kembali dingin. Terlebih waktu sesi kualifikasi hanya tinggal tiga setengah menit sehingga sangat sulit bagi Sean dan pembalap lain mempertajam catatan waktu.

”Tentu sangat tak menguntungkan buat saya. Apalagi, skenario kami memang akan melakukan <I>push<P> setelah masuk <I>pit stop<P>. Sayangnya, saya harus kembali
lagi ke <I>pit stop<P> dan tak cukup ideal untuk mempertajam catatan waktu,” ujar Sean.

Sebelumnya, Sean sempat membuat catatan waktu satu menit 44, 087 detik. Torehan waktu itu belum lebih baik dari sebagian besar pembalap sehingga menempatkannya di posisi ke-20. Catatan waktunya hanya lebih bagus dari pebalap Indonesia lainnya, Philo Paz Patrick Armand yang membawa bendera tim Trident Racing mencetak waktu satu menit 44,578 detik.

Adapun Evans sempat membuat catatan waktu tercepat satu menit 43,606 detik. Dengan torehan waktu itu, Evans berada di posisi ke-16. Meski mengalami kecelakaan, Evans tidak mengalami cedera yang berarti.

Posisi start terdepan ditempati pembalap Prancis, Pierre Gasly (Prema Racing). Ia mengukir catatan waktu tercepat satu menit 42,181 detik. Tempat kedua diisi rekan setimnya, Antonio Giovinazzi (Italia) yang menorehkan waktu tercepat satu menit 42,263 detik.

Sesi kualifikasi di Sirkuit Sepang berlangsung dalam kondisi cuaca yang sangat cerah. Awalnya semua berjalan normal, sebelum berakhir secara dramatis dengan insiden yang dialami Evans.

(Wahyu Wijayanto / CN26)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *