Belum Semua Petugas Pemutakhiran Daftar Pemilih Datangi Rumah

by
Foto: istimewa

Foto: istimewa

SIDOREJO, kecirit.com – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu ) Salatiga masih menemukan Petugas Pemutakhiran Daftar Pemilih (PPDP) Pilkada 2017 yang tidak mendatangi rumah ke rumah warga. Mereka masih ada beberapa yang mencari dara sebatas di tingkat RT sehingga belum turun ke bawah.

Ketua Panwaslu Salatiga Arsyad Wahyudi mengatakan, PPDP diminta mendatangi rumah ke rumah untuk mencari daftar pemilih yang valid. Sebab dengan mendatangi dari rumah ke rumah bisa bertemu langsung calon pemilih yang layak atau tidak untuk didaftarkan dalam daftar pemilih.

“Batas akhir pencocokan dan penelitian (coklit) pemilih pada 8 Oktober. Kami harapan semu rumah didatangi dan mereka yang tidak memenuhi syarat sebagai pemilih dicoret. Begitu pula yang memenuhi, seperti pemilih pemula harus didaftarkan,” katanya.

Menurut Arsyad, hasil pengamatan Panwaslu, masih banyak rumah yang belum ada tanda stiker coklit. Itu menunjukkan rumah tersebut belum didatangi PPDP. Oleh karena itu pihaknya mengimbau KPU di sisa waktu yang ada ini untuk bergerak cepat mendatangi semua rumah yang ada di Salatiga.

“PPDP dalam menyusun daftar pemilih harus mengedepankan ketelitian dan keseriusan serta berkoordinasi dengan Panitia Pengawas Lapangan (PPL). Misalnya, memastikan semua pemilih pemula masuk daftar pemilih. Juga mencoret pemilih yang tidak memenuhi syarat seperti anggota TNI/Polri atau orang yang sudah meninggal,” katanya.

Terpisah, Divisi Data KPU Salatiga Syaemuri mengatakan, sejauh yang ia pantau, PPDP sudah menjalankan tugas mendata pemilih, dari pintu ke pintu untuk guna melakukan pendataan. KPU sudah merekrut 386 orang PPDP sesuai jumlah TPS yang ada dan bekerja sejak 7 September.

“Meski begitu, semua masukan akan kami terima untuk bahan evaluasi. Dalam waktu dekat ini, kami akan mengumpulkan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk melaporkan progres data. Dengan begitu, seandainya masih ada data yang kurang masih ada waktu untuk perbaikan,” katanya.

Intunya, lanjut Syaemuru, pihaknya akan terus berupaya bekerja keras. Ia menargetkan hingga batas akhir 8 Oktober nanti coklit tuntas untuk segera diterbitkan daftar pemilih sementara (DPS).

(Moch. Kundori/CN39/SM Network)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *