Beberapa Makanan Yang Banyak Mengandung Kalsium

by
kecirit.com-Makanan-Peninggi-Badan-Alami-Susu-Kalsium-NHCP-Zinc-Teh-Spirulina-Meninggikan-Badan-Herbal-Halal

kecirit.com – Kalsium menjadi salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh, terutama untuk menjaga kesehatan tulang.

Anak-anak usia satu hingga tiga tahun membutuhkan 700 miligram kalsium setiap hari. Sedangkan anak usia empat hingga delapan tahun membutuhkan 1.000 gram kalsium dan anak serta remaja usia sembilan hingga 18 tahun membutuhkan 1.300 kalsium per hari.
Untuk orang dewasa berusia 19 hingga 50 tahun, kalsium yang dibutuhkan setiap harinya sekitar 1.000 miligram. Wanita usia 51 tahun keatas membutuhkan 1.200 kalsium dan pria usia 71 tahun keatas membutuhkan 1.200 kalsium per hari.
Meski susu dan produk olahan susu menjadi sumber kalsium yang kalsium yang populer, masih banyak makanan lain yang dapat dijadikan pilihan untuk mendapatkan nutrisi tersebut. Berikut ini adalah sembilan di antaranya, seperti dilansir dari Food World News.
Salmon
Salmon kemasan kaleng paling banyak mengandung 200 miligram kalsium. Secara umum, salmon kaya akan vitamin D yang sangat dibutuhkan tubuh untuk menyerapan kalsium dari sumber makanan.
Collard greens
Setengah cangkir sayuran sejenis sawi yang masih satu keluarga dengan kubis dan bok choi ini dapat memberikan 134 miligram kalsium dan 386 mikrogram vitamin K yang dapat membantu membangun kekuatan tulang.
Memasak sayuran hijau adalah cara terbaik untuk mengeluarkan kalsium yang terikat pada oksalat di dalamnya.
Blackstrap molasses
Bahan makanan satu ini merupakan pemanis yang menyehatkan dan banyak mengandung mineral yang baik bagi tubuh. Blackstrap molasses juga merupakan sumber kalsium, zat besi dan nutrisi-nutrisi lainnya. Dua sendok makan blackstrap molasses mengandung sekitar 200 miligram kalsium.
Kale dan bok choi
Satu cangkir kale yang telah dimasak mengandung 179 miligram kalsium. Sedangkan satu cangkir bok choi matang mengandung 158 gram kalsium.
Rumput laut
Dari berbagai jenis rumput laut, rumput laut hijiki mengandung hingga 1.400 miligram kalsium per 100 gram. Sementara setiap satu gram rumput laut kering mengandung 4 hingga 70 miligram kalsium. Untuk rumput laut kering, kandungan kalsium di dalam 100 gramnya sekitar 170 miligram kalsium.
Biji labu
Setengah cangkir biji labu akan memberikan 370 miligram fosfot dan 163 magnesium yang dapat membantu menjaga struktur tulang tetap sehat dan menyeimbangkan kadar kalsium dalam darah.
Kacang kedelai
Kacang kedelai adalah salah satu sumber isoflavon terbaik. Zat ini mampu menjaga kepadatan tulang terutama pada wanita yang akan atau sudah mengalami menopause. Tiga per empat cangkir kedelai matang mengandung 131 miligram kalsium dan 84 miligram isoflavon.
Edamame
Edamame atau kacang kedelai Jepang juga bisa menjadi pilihan sumber kalsium. Tiga per empat edamame mengandung 195 miligram kalsium, 81 miligram magnesium dan 24 miligram isoflavon.
Tahini
Makanan khas Timur Tengah yang terbuat dari biji wijen panggang yang dihaluskan ini mengandung 128 kalsium, lima gram protein, 28 miligram magnesium dan 220 miligram fosfor per dua sendok makan.
loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *