BBWS Pemali Juana Bangun Embung Senilai Rp 100 Miliar

by
Foto: koranmuria

Foto: koranmuria

GROBOGAN, kecirit.com – Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana tengah mengerjakan proyek embung seluas 19 hektare dengan kedalaman 4,5 meter di Bendung Dumpil, Ngaringan, Grobogan senilai Rp 100 miliar. Proyek tersebut dikerjalan pada akhir 2015 dan ditarget selesai pada 2017. Hal itu disampaikan Kepala BBWS Pemali Juana, Ni Made Sumiarsih, Jumat (28/10).

Dia mengatakan, air di embung tersebut akan disalurkan ke irigasi dengan cakupan lahan persawahan seluas 300 hektare. “Progres pembangunan embung saat ini sekitar 40%. Target selesai pada 2017,” katanya.

Dari pantauan di lapanga, proyek yang digarap kontraktor PT Waskita Karya ini dikebut. Dua alat berat beroperasi di lapangan mengeruk tanah dan diangkut dengan truk. Tanah kemudian ditimbun ke lahan kosong di sekitar bendungan. Sebagian tanah diberikan kepada warga untuk penimbunan rumah.

Informasi yang dihimpun dari Dinas Pengairan Grobogan, bendungan tersebut mengandalkan air dari Sungai Lusi. Luas area persawahan yang teraliri sebanyak 4.000 hektare. Pola tanam di lahan pertanian yakni pada-palawija-padi. Dengan adanya embung, luas area sawah yang teraliri bertambah 300 hektare. (Zakki Amali/CN38/SM Network)

loading...