Asmindo Bangkit, Tarik Diri dari Himki

by
Foto: Istimewa

Foto: Istimewa

SOLO, kecirit.com – Lantaran merasa kepentingannya tidak terakomodasi, Asosiasi Industri Permebelan dan Kerajinan Indonesia (Asmindo) menarik diri dari penggabungan di Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI). HIMKI adalah lembaga baru bagi para pelaku industri mebel dan kerajinan kayu hasil penggabungan Asmindo dan Amkri (Asosiasi mebel dan kerajinan kayu Indonesia), atas permintaan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Penarikan Asmindo dari HIMKI diambil dalam rapat pimpinan nasional (Rapimnas) 2016 di Solo. “Kalau kita melihat semangat dan asas penggabungan dua asosiasi antara Asmindo dan AMKRI menjadi HIMKI sebelumnya adalah kesetaraan, kebersamaan dan keadilan. Tapi ternyata dalam perjalanannya, banyak kebijakan HIMKI justru abai terhadap tiga asas tersebut,” kata David R Wijaya yang ditunjuk sebagai Ketua Tim Caretaker Asmindo.

Dalam Rapimnas Asmindo bertajuk “Konsolidasi Organisasi Membangun Kebersamaan Dalam Kesetaraan Untuk Kemanfaatan Anggota” itu, mayoritas pengurus lama Asmindo yang sebelumnya telah membubarkan diri itu sepakat untuk keluar dari HIMKI. Menurut David, keputusan penarikan dari penggabungan didasarkan pada banyak hal.

Diantaranya, dari 24 komisariat daerah (Komda) Asmindo secara nasional hanya sembilan yang diakomodir dalam kepengurusan HIMKI, selebihnya tidak jelas nasibnya. Belum lagi persoalan bisnis permebelan, seperti SVLK yang hingga kini belum rampung. “Secara prinsip Asmindo sangat mendorong untuk diberlakukan, tapi justru HIMKI menolak,” tandasnya.

Slamet Raharjo, anggota tim caretaker lainnya menambahkan, sebenarnya Asmindo tidak anti penggabungan, asal asas kesetaraan, keadilan dan kebersamaan dijalankan dengan baik di lembaga yang baru. Tapi karena pola pengelolaan organisasi di HIMKI selama ini tidak seperti yang diharapkan, akhirnua semua pengurus Asmindo sepakat untuk keluar dari penggabungan.

“Melalui Rapimnas ini, kita ingin menata ulang Asmindo. Dari 24 Komda di Indonesia, 19 Komda hadir dan sepakat membangun kembali Asmindo kembali,” pungkasnya.

(Langgeng Widodo/CN19/RED_KECIRIT NEWS UPDATE)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *