AS Tak Takut Jet Tempurnya Diancam Ditembak Jatuh Rusia

by

kecirit.com – AS Tak Takut Jet Tempurnya Diancam Ditembak Jatuh Rusia

kecirit.com – Pentagon tidak takut dengan ancaman Rusia yang akan menembak jatuh pesawat jet tempur Amerika Serikat (AS) dan koalisinya di langit Suriah. Pentagon tegaskan akan membela diri AS maupun sekutunya diancam.

Ancaman Rusia muncul setelah pesawat jet tempur F/A-18E Super Hornet Pentagon  menembak jatuh pesawat jet tempur Su-22 Damaskus di wilayah udara atau langit Raqqa, Suriah pada Minggu malam. Pilot tempur Suriah dilaporkan tewas dalam insiden itu.
Tak hanya mengancam, Rusia telah menangguhkan saluran komunikasi dengan koalisi internasional anti-ISIS yang dipimpin AS. Saluran komunikasi itu telah menjadi solusi untuk mencegah konflik udara antara Moskow dan Washington yang sama-sama beroperasi di Suriah.

Pemerintah Presiden Suriah Bashar al-Assad menyatakan, pesawatnya ditembak jatuh saat memerangi basis kelompok Islamic State atau ISIS. Namun, versi Pentagon, pesawat ditembak jatuh karena mengebom basis Pasukan Demokratik Suriah (SDF), pasukan oposisi atau pemberontak Suriah yang didukung Barat, serta pasukan Kurdi.
”Kami tidak mencari konflik dengan pihak manapun di Suriah selain ISIS, tapi kami tidak akan ragu membela diri atau mitra kami jika diancam,” kata juru bicara Pentagon Kapten Jeff Davis kepada Fox News, yang dikutip Selasa (20/6/2017).

Kepala Staf Gabungan Militer AS Jenderal Joseph Dunford melipatgandakan retorika tersebut pada pidato hari Senin di National Press Club.

”Saya yakin bahwa kita masih berkomunikasi antara pusat operasi kami dan pusat operasi federasi Rusia, dan saya juga yakin bahwa kekuatan kita memiliki kemampuan untuk menjaga diri sendiri,” ujar Dunford.

Juru bicara Pentagon lainnya, Mayor Adrian JT Rankine-Galloway mengatakan bahwa pesawat koalisi akan terus melakukan operasi di seluruh Suriah, yang menargetkan pasukan ISIS dan memberikan dukungan udara untuk pasukan mitra koalisi di lapangan.

”Sebagai hasil pertemuan baru-baru ini yang melibatkan rezim pro-Suriah dan pasukan Rusia, kami telah mengambil langkah-langkah bijaksana untuk memposisikan ulang pesawat di Suriah sehingga terus menargetkan pasukan ISIS sambil memastikan keamanan awak pesawat kami mengingat ancaman yang diketahui di ruang pertempuran,” ujar Rankine-Galloway dalam sebuah pernyataan.

Baca juga “AS Sibuk Cari 7 Awak Kapal Perang yang Hilang usai Tabrakan”

Tim pencarian dan penyelamatan Amerika Serikat (AS) pada hari Minggu (18/6/2017) mulai sibuk mencari tujuh awak kapal perang hilang setelah kapal tersebut tabrakan dengan kapal kontainer Filipina di lepas pantai Jepang. Tujuh awak kapal yang hilang semuanya adalah pelaut AS.

Pejabat Armada 7 AS, Laksamana Joseph P Aucoin, mengatakan bahwa pencarian berlanjut setelah pernyataan militer AS dikeluarkan sekitar 24 jam setelah insiden.

Kapal perang USS Fitzgerald yang dipersenjatai rudal jelajah Aegis rusak parah usai bertabrakan dengan kapal dagang berbendera Filipina, ASX Crystal, di area perairan yang berjarak 56 mil sebelah barat daya Yokosuka, Jepang.

”Ini adalah hari yang sulit bagi keluarga Angkatan Laut kita. Sulit membayangkan apa yang harus dialami awak kapal ini, tantangan yang harus mereka atasi,” kata Aucoin, yang dilansir Reuters.

Pencarian tujuh awak kapal perang AS melibatkan perahu angkatan udara AS dan Jepang serta sejumlah kapal. Komandan Kapal USS Fitzgerald, Bryce Benson, mengatakan, tiga awak kapal yang ditemukan selamat telah dirawat di Rumah Sakit Angkatan Laut AS.

Penyebab tabrakan hingga kini belum diketahui. ”Pikiran dan doa bersama pelaut USS Fitzgerald dan keluarga mereka. Terima kasih untuk sekutu Jepang kami atas bantuan mereka,” kata Presiden AS  Donald Trump melalui Twitter.

Kapal Fitzgerald mengalami kerusakan di sisi kanan, atas dan di bawah garis air.

Pihak kapal ASX Crystal siap bekerja sama dalam penyelidikan Coast Guard (Penjaga Pantai) Jepang terkait insiden ini. Kapal niaga Filipina dengan kapasitas 29.000 ton ini tabrakan dengan kapal perang AS yang berbobot 8.315 ton.

kecirit.com

kecirit.com Berjangka

The post AS Tak Takut Jet Tempurnya Diancam Ditembak Jatuh Rusia appeared first on .

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *