62 Pembina Pramuka Maarif Ikuti Kursus Mahir Dasar

by
MAHIR DASAR: 62 pembina pramuka MI, MTs, SMP, SMK, dan MA Ma'arif se-Kabupaten Magelang mengikuti Kursus Mahir Dasar (KMD) di MTs Aswaja Dukun, baru-baru ini. (Foto: kecirit.com/MH Habib Shaleh)

MAHIR DASAR: 62 pembina pramuka MI, MTs, SMP, SMK, dan MA Ma’arif se-Kabupaten Magelang mengikuti Kursus Mahir Dasar (KMD) di MTs Aswaja Dukun, baru-baru ini. (Foto: kecirit.com/MH Habib Shaleh)

DUKUN, kecirit.com – Sebanyak 62 pembina pramuka MI, MTs, SMP, SMK, dan MA Ma’arif se-Kabupaten Magelang mengikuti Kursus Mahir Dasar (KMD) Gerakan Satuan Komunitas Pramuka Ma’arif Kabupaten Magelang. Kursus digelar di MTs Aswaja Dukun.

Ketua Panitia KMD Fadhoil M.Pd.I mengatakan KMD bertujuan untuk membentuk kader–kader pembangunan berjiwa pancasila yang sanggup dan mampu menyelenggarakan pembangunan masyarakat, bangsa, dan negara.

“Kualitas dan kuantitas pembina pramuka yang memiliki pengalaman membina siaga, penggalang, penegak maupun pandega masih sangat rendah sehingga perlu digelar KMD,” kata Fadhoil seusai acara KMD, baru-baru ini.

Disebutkan pembina pramuka yang cakap akan bisa meningkatkan pengetahuan dan wawasan peserta didik sehingga tujuan gerakan Sako Pramuka tercapai. Untuk itu diperlukan pendidikan dan latihan (kursus) untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas dalam memahami materi pendidikan pramuka.

Ketua SAKO Ma’arif Kabupaten Magelang Agus TM menilai pelaksanaan KMD sangat maksimal dan berhasil baik dari segi perencanaan, pelaksanaan, dan hasil. Dari 62 peserta, 100% lulus tanpa bersyarat. “Hal ini merupakan kerja harmonis antara tim pelatih, tim panitia, dan peserta yang solid, selalu berkomunikasi, dan berkoordinasi dari segi apapun,” kata Agus.

Agus menilai KMD merupakan langkah awal untuk melaksanakan kegiatan pada tahap berikutnya. Ia menegaskan Sako Maarif Kabupaten Magelang siap menjadi tuan rumah perkemahan wirakarya Maarif Nasional (Perwimanas) ke-2 tahun 2017.

Ketua Kwarcab Pramuka Drs Suharno MM menilai perlu ada penyegaran ulang Gerakan Pramuka. Pramuka harus bisa memberikan penekanan pada segi ketrampilan yang lebih inspiratif dan kreatif sehingga menarik minat gerenrasi muda.

“Dukungan Ketua LP Ma’arif Kabupaten Magelang H Sugeng Riadi M.Eng dan para pembina yang berada di Lembaga Maarif sangat bagus. KMD kami harapkan bisa meningkatkan kualitas serta silaturrahim antarpembina di Lembaga Ma’arif. Ini sekaligus bisa menjadi ajang bertukar pengalaman dan memahami tentang pramuka dari sudut manapun.”

(MH Habib Shaleh/CN19/RED_KECIRIT NEWS UPDATE)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *